Artina, Artina (2012) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII.1 SMP Negeri 12 Padang Melalui Pembelajaran Tutor Sebaya. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_3_ARTINA_19553_4873_2012.pdf
Download (154kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari masalah kesulitan guru mengelola pembelajaran sistem klasikal, yaitu terdapat perbedaan kecepatan belajar peserta didik yang mencolok sehingga terdapat perbedaan aktivitas dan hasil belajar yang cukup tinggi. Akibatnya meskipun ketuntasan klasikal telah tercapai, namun persentase peserta didik yang tidak tuntas cukup tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik kelas VII.1 SMP Negeri 12 Padang setelah dilaksanakan pembelajaran tutor sebaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan terhadap 36 orang peserta didik Kelas VII.1 SMP Negeri 12 Padang dan dilaksanakan dalam 2 siklus, dimulai bulan Januari sampai dengan Maret 2012. Data aktivitas belajar dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, dan hasil perekaman dengan kamera digital dan video. Data hasil belajar diperoleh melalui hasil tes belajar yang dilaksanakan pada akhir setiap siklus. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) melalui pembelajaran tutor sebaya, secara berangsur-angsur aktivitas belajar peserta didik mengalami peningkatan yang menggembirakan. Hal itu dibuktikan dengan terjadinya peningkatan semua aktivitas belajar yang diamati yang memang diharapkan meningkat. Sebaliknya, aktivitas belajar “bertanya kepada guru" justru mengalami penurunan seiring dengan berkurangnya peran guru dalam proses pembelajaran dan meningkatnya aktivitas belajar lainnya. (2) melalui pembelajaran tutor sebaya, hasil belajar matematika peserta didik mengalami peningkatan yang menggembirakan. Hal ini dibuktikan pada tes akhir siklus 2 dimana rata-rata hasil belajar mencapai 76 dan ketuntasan klasikal mencapai 85 %. Hasil belajar tersebut memperlihatkan bahwa dari segi rata-rata, pencapaian hasil belajar lebih besar dari KKM yang ditetapkan, dan persentase ketuntasan hasil belajar telah melampaui persentase ketuntasan ideal yang diharapkan. Berdasarkan temuan penelitian ini, disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik kelas VII.1 SMP Negeri 12 Padang dapat ditingkatkan melalui pembelajaran tutor sebaya dan pembelajaran tutor sebaya berhasil mengatasi masalah yang berkaitan dengan keanekaragaman kecepatan belajar atau kemampuan yang dimiliki peserta didik kelas VII.1 SMP Negeri 12 Padang dalam memahami sebuah konsep dan tugas-tugas belajar mereka.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kesulitan Guru Mengelola Pembelajaran Sistem Klasikal |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 15 Dec 2025 03:58 |
| Last Modified: | 15 Dec 2025 04:34 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32634 |
