Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berorientasi Pendekatan Contextual Teaching and Learning pada Materi Implus dan Momentum Kelas XI IPA SMA

Artha, Nesa (2011) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berorientasi Pendekatan Contextual Teaching and Learning pada Materi Implus dan Momentum Kelas XI IPA SMA. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_3_ARTHA_NESA_CHANDRA_91688_6453_2012.pdf] Text
final_3_ARTHA_NESA_CHANDRA_91688_6453_2012.pdf

Download (408kB)

Abstract

Proses pembelajaran fisika harus ditekankan kepada kegiatan pengembangan kinerja ilmiah dan penalaran sesuai konsep melalui pengalaman belajar. Salah satu materi pelajaran fisika yang harus ditekankan kepada kegiatan ini adalah materi Impuls dan Momentum. Untuk mencapai hal tersebut, guru harus mampu mendesain perangkat pembelajaran menggunakan pendekatan yang sesuai. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan adalah pendekatan Contextual Teacing and Learning (CTL). Pembelajaran menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) ini harus didukung dengan perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran fisika berorientasi pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi Impuls dan Momentum kelas XI IPA SMA yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Development Research) menggunakan rancangan model 4–D. Tahapan penelitian adalah pendefenisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop) dan penyebaran (Dessimination). Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validasi RPP, Hand Out dan LKS, angket respon guru, angket respon siswa, lembaran observasi keterlaksanaan RPP, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi hasil belajar ranah psikomotor dan tes hasil belajar ranah kognitif. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif untuk mendapatkan persen kevalidan, kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran. Hasil penelitian adalah pengembangan perangkat pembelajaran Fisika berorientasi Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Impuls dan Momentum yang terdiri dari RPP, Hand Out dan LKS. Hasil analisis data menunjukkan RPP, Hand Out dan LKS yang dikembangkan berkategori sangat valid. Hasil analisis observasi keterlaksanaan RPP, angket respon guru dan angket respon siswa menunjukkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan berkategori praktis. Hasil analisis observasi aktivitas siswa, hasil belajar ranah kognitif dan psikomotor menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan berkategori efektif. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran Fisika berorientasi pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi Impuls dan Momentum kelas XI IPA SMA yang valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 15 Dec 2025 03:29
Last Modified: 15 Dec 2025 03:29
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32615

Actions (login required)

View Item
View Item