Pengembangan Modul Berbasis Discovery Learning untuk Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi di Tingkat Sekolah Menengah Pertama

Nengsih, Vivi Salvia (2016) Pengembangan Modul Berbasis Discovery Learning untuk Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi di Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_VIVI_SALVIA_NENGSIH_1200844_3110_2016.pdf] Text
final_B1_1_VIVI_SALVIA_NENGSIH_1200844_3110_2016.pdf

Download (447kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum tersedia modul pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII SMP N 12 Padang. Guru hanya memanfaatkan buku teks yang disediakan pemerintah sebagai perangkat kurikulum 2013 dalam proses belajar mengajar. Selain itu, ada beberapa masalah dalam buku teks tersebut berdasarkan kelayakan isi, kelayakan penyajian, kebahasaan, dan kegrafikaan sehingga siswa kurang termotivasi dalam belajar dan hasil belajar siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan modul pembelajaran bahasa Indonesia berbasis discovery learning pada pembelajaran menulis teks eksplanasi yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan metode research and development (R&D). Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D yang disederhanakan menjadi 3-D, yaitu tahap define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas VII.3 SMP N 12 Padang yang berjumlah 34 orang. Data pada penelitian ini adalah data primer. Data tersebut diperoleh langsung dari angket validitas, angket praktikalitas, dan hasil tes unjuk kerja untuk efektifitas. Hasil penelitian ini adalah modul pembelajaran bahasa Indonesia berbasis discovery learning pada pembelajaran menulis teks eksplanasi untuk siswa kelas VII SMP N 12 Padang. Dari hasil analisis angket validitas diperoleh rata-rata validitas modul adalah 78,25% dengan kategori valid. Nilai praktikalitas modul oleh guru adalah 85,15% dengan kategori praktis, sedangkan nilai praktikalitas oleh siswa adalah 88,06% dengan kategori sangat praktis. Efektivitas modul dilihat dari hasil belajar siswa yang terdiri atas, rata-rata nilai sikap siswa sebesar 86 dengan predikat sangat baik (B), rata-rata nilai pengetahuan siswa sebesar 89 dengan predikat A-, dan rata-rata nilai keterampilan menulis teks eksplanasi sebesar 88 dengan predikat A-. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh simpulan sebagai berikut. Pertama, telah dihasilkan modul pembelajaran bahasa Indonesia berbasis discovery learning pada pembelajaran menulis teks eksplanasi untuk siswa kelas VII SMP N 12 Padang. Kedua, modul yang dihasilkan dinyatakan valid oleh validator, baik dari aspek kelayakan isi, kebahasan, penyajian, dan kegrafikaan dengan nilai 78,25%. Ketiga, modul dengan yang dihasilkan dinyatakan praktis, baik dari aspek kemudahan dalam penggunaan, gaya penyajian, kualitas teknik, dan kesesuaian dengan waktu dengan nilai 85,15% dari guru, dan 88,06% dari siswa. Keempat, modul yang dihasilkan dinyatakan efektif karena rata-rata nilai keterampilan menulis teks eksplanasi siswa sebesar 88.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Modul Discovery Learning, Teks Eksplanasi
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 15 Dec 2025 03:22
Last Modified: 15 Dec 2025 03:22
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32602

Actions (login required)

View Item
View Item