Safrianti, Rini (2019) Strategi Guru dalam Mengajar Membaca di SMA Negeri 1 Ampek Angkek. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_03_RINI_SAFRIANTI_1304067_1454_2020.pdf
Download (1MB)
Abstract
Strategi dianggap sebagai faktor yang mempengaruhi keberhasilan kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini menggambarkan implementasi strategi yang digunakan oleh guru Bahasa Inggris Sekolah Menengah Atas dalam mengajar pemahaman membaca. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada hasil penelitian yang menyatakan bahwa pada dasarnya guru Bahasa Inggris di SMA sudah menerapkan beberapa strategi dalam pengajaran membaca pemahaman, namun, peneliti tertarik untuk mengetahui lebih banyak tentang strategi yang digunakan oleh para guru dalam mengajar kemampuan membaca. Selain itu, penelitian ini juga menyajikan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi guru untuk memilih strategi tertentu dalam pengajaran membaca pemahaman. Penelitian ini dilakukan dengan 4 guru bahasa Inggris yang mengajar mata pelajaran bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Ampek Angkek. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Hasil analisis menunjukkan bahwa guru-guru bahasa Inggris menggunakan empat strategi dalam mengajar pemahaman membaca, yaitu: 1) Think-Pair-Share, 2) Pengajaran Timbal-Balik, 3) Hubungan Pertanyaan dan Jawaban, dan 4) Diskusi Kelompok Kecil. Dalam menggunakan berbagai strategi, beberapa guru menggunakan strategi yang sama dengan cara guru lain atau dengan cara yang berbeda dari guru lain. Dalam memilih strategi dalam pengajaran para guru mempertimbangkan tiga faktor. Mereka; pertama, pemahaman guru tentang strategi. Kedua, ukuran kelas. Ketiga, kesulitan materi.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Strategi guru, Mengajar Membaca |
| Subjects: | L Education > L Education (General) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Inggris-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 15 Dec 2025 03:20 |
| Last Modified: | 15 Dec 2025 03:20 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32598 |
