Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Discovery Learning Berbantuan Sensor Display Digital.

Putri, Rince Mairiza (2018) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Discovery Learning Berbantuan Sensor Display Digital. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_03_RINCE_MAIRIZA_PUTRI_16175028_2964_2018.pdf] Text
final_03_RINCE_MAIRIZA_PUTRI_16175028_2964_2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hasil belajar peserta didik di sekolah masih rendah pada aspek pengetahuan dan keterampilan. Rendahnya hasil belajar disebabkan kurang tersedianya bahan ajar yang tidak memuat langkah-langkah model pembelajaran yang mengarah pada kegiatan peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan lembar kerja peserta didik berbasis model discovery learning berbantuan sensor display digital dengan kriteria valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analysis, design, development, implementation, evaluation. Instrumen penelitian ini terdiri dari angket analisis, lembar analisis, lembar validasi, lembar praktikalitas, tes objektif, lembar observasi sikap, dan lembar observasi keterampilan. Teknik analisis data untuk analisis validitas menggunakan Aiken’s, analisis praktikalitas dan efektifitas menggunakan deskriptif presentasi. Hasil penelitian ini adalah lembar kerja peserta didik berbasis model discovery learning berbantuan sensor display digital memenuhi kriteria valid dengan nilai rata-rata 0,92. Praktikalitas penggunaan lembar kerja peserta didik oleh guru memiliki rata-rata 91,1 dan peserta didik 89,3 dengan kriteria sangat praktis. Lembar kerja peserta didik berada pada kriteria efektif dengan rata-rata nilai kompetensi sikap 85,4, nilai kompetensi keterampilan 87,1 dan nilai kompetensi pengetahuan 84,1. Lembar kerja peserta didik berbasis model discovery learning berbantuan sensor display digital memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Oleh sebab itu lembar kerja kerja peserta didik ini layak digunakan dalam pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik, Discovery learning, Sensor Display Digital.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Fisika-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 15 Dec 2025 03:16
Last Modified: 15 Dec 2025 03:16
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32590

Actions (login required)

View Item
View Item