Erniwati, E (2010) Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Teks Drama dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe ‘STAD’ Siswa Kelas VIII.3 SMP Negeri 11 Pekanbaru”. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_2_ERNIWATI_51818_3008_2012.pdf
Download (138kB)
Abstract
Penelitian ini merupakan tindakan perbaikan pembelajaran, dengan judul “Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Teks Drama dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Siswa Kelas VIII.3 SMP Negeri 11 Pekanbaru”. Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STADdapat meningkatkan hasil belajar teks drama siswa kelas VIII.3 SMP Negeri 11 Pekanbaru tahun pelajaran 2010-2011. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan mengidentifikasi unsur intrinsik teks drama menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD bagi siswa kelas VIII.3 SMP Negeri 11 Pekanbaru tahun pelajaran 2010-2011. Jenisl yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan empat langkah utama, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan fefleksi. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Pada tiap siklus dilakukan observasi tentang aktivitas guru dan aktivitas siswa, sementara itu, dilakukan pula refleksi terhadap perolehan nilai oleh siswa. Untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mengidentifikasi unsur intrinsik drama menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD, pada tiap akhir pembelajaran diadakan tes. Nilai yang diperoleh siswa melalui tes tersebut dibahas untuk mengetahui perkembangan hasil belajar siswa, aktivitas siswa dan guru, serta ketuntasan belajar siswa pada tiap siklus. Sebelum dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, rata-rata skor hasil belajar siswa yang diperoleh dengan penilaian atas jawaban pada LKS hanya 56,4. Skor tersebut berada pada kategori kurang. Perolehan skor oleh siswa pada siklus I meningkat menjadi 67,8 dan masuk ke dalam kategori cukup. Pada siklus II skor tersebut meningkat lagi menjadi 90,2 dan masuk ke dalam kategori baik sekali. Hasil penelitiaan menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VIII.3 SMP Negeri 11 Pekanbaru dalam mengidentifikasi unsur intrinsik drama.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 15 Dec 2025 02:09 |
| Last Modified: | 15 Dec 2025 02:09 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32571 |
