Epanita, Epanita (2011) Upaya Peningkatan Perkembangan Kognitif Anak melalui Permainan Papan Pasak di TK Cempaka III Pertiwi Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_EPANITA_88558_184_2011.pdf
Download (163kB)
Abstract
Perkembangan kognitif anak dalam memahami konsep berhitung di TK
Cempaka III Pertiwi Sijunjung masih rendah (di bawah KKM yang ditetapkan)
Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk meningkatkan Perkembangan
kognitif anak terhadap pemahaman konsep berhitung.
Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas
dengan subjek penelitian TK Cempaka III Pertiwi Sijunjung pada kelompok B
yang berjumlah 15 orang anak dengan menggunakan Alat Permainan Edukatif
Papan Pasak, teknik yang digunakan dalam pengumpulan data berupa
observasi, dan format hasil penilaian anak, selanjutnya di olah dengan teknik
persentase.
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian
disetiap siklus telah menunjukkan adanya peningkatan perkembangan kognitif
anak dari siklus I yang pada umumnya masih terlihat rendah. Pada siklus I
peningkatan perkembangan kognitif anak terlihat masih kurang aktif sesuai
dengan persentase tingkat keberhasilan dan dilanjutkan pada siklus II
peningkatan perkembangan kognitif anak menjadi lebih meningkat serta
menunjukkan hasil yang positif, terlihat tercapainya persentase tingat
keberhasilan anak meningkat Sehingga hasil rata-rata tingkat keberhasilan
anak melebihi kreteria ketuntasan minimal ( KKM ) yang telah ditetapkan
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa upaya peningkatkan
perkembangan kognitif anak melalui Alat Permainan Papan Pasak, setelah
dilakukan tindakan dari siklus I dan siklus II dapat meningkatkan perkembangan
kognitif anak di Cempaka III Pertiwi Sijunjung
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
| Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
| Date Deposited: | 15 Dec 2025 01:57 |
| Last Modified: | 15 Dec 2025 01:57 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32545 |
