Hubungan Kemampuan Membaca Kritis dengan Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sawahlunto

Helfani, Rani (2013) Hubungan Kemampuan Membaca Kritis dengan Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sawahlunto. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_RANI_HELFANI_96355_2804_2013.pdf] Text
final_B1_1_RANI_HELFANI_96355_2804_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan hal berikut. Pertama, kemampuan membaca kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sawahlunto. Kedua, kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sawahlunto. Ketiga, hubungan kemampuan membaca kritis dengan kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sawahlunto. Penelitian korelasi merupakan penelitian kuntitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data penelitian ini, yaitu (1) kemampuan membaca kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sawahlunto (2) kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sawahlunto. (3) hubungan kemampuan membaca kritis dengan kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sawahlunto. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan membaca kritis dan kemampuan menulis paragraf argumentasi. Data yang sudah terkumpul dianalisis dengan langkah-langkah sebagai berikut. Pertama, melakukan pemeriksaan dan memberi skor terhadap tes hasil kemampuan membaca kritis siswa dengan cara memberi skor 1 untuk skor yang benar dan skor 0 untuk jawaban yang salah. Kedua, memberi skor tes kemampuan menulis paragraf argumentasi. Ketiga, mengubah skor kemampuan membaca kritisdan skor kemampuan menulis paragraf argumentasi menjadi nilai dengan menggunakan rumus persentase. Keempat, mengelompokkan nilai kemampuan membaca kritis siswa dan kemampuan menulis paragraf argumentasi berdasarkan konvensi skala 10. Kelima, menentukan nilai rata-rata hitung dari masing-masing tes. Keenam, mengklasifikasikan nilai siswa per indikator. Ketujuh, menyajikan data dalam bentuk histogram per indikator yang dinilai. Kedelapan, mengorelasikan variabel penelitian. Kesembilan, pengujian keberartian hipotesis yang diajukan. Kesepuluh, penyimpulan hasil analisis dan pembahasan. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian, dapat disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, kemampuan membaca kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sawahlunto berada pada kualifikasi baik (76,458). Kedua, kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sawahlunto berada pada kualifikasi baik (79,45). Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan (berarti) antara kemampuan membaca kritis dengan kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sawahlunto pada taraf signifikan 95% dengan derajat kebebasan n-1 yaitu yang diperoleh 3,66825 dan = 1,70 dalam arti lebih besar dari yaitu 3,66 > 1,70. Dengan demikian, terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan membaca kritis dengan kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sawahlunto.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MEMBACA KRITIS, MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 15 Dec 2025 01:55
Last Modified: 15 Dec 2025 01:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32542

Actions (login required)

View Item
View Item