Zuliarni, Zuliarni (2016) Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru SD Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_ZULIARNI_91229_2610_2016.pdf
Download (503kB)
Abstract
Penelitian ini bertitik tolak dari adanya berbagai permasalahan tentang kompetensi pedagogik guru di SD Pembangunan Laboratorium UNP. Permasalahan dalam penelitian ini difokuskan pada bagaimanakah pembinaan kompetensi pedagogik guru SD Pembangunan Laboratorium UNP. Tujuan penelitin adalah untuk mendapatkan informasi tentang penguasaan kompetensi pedagogik guru, pembinaan kompetensi pedagogik guru, kendala-kendala yang dihadapi dalam pembinaan kompetensi pedagogik guru, serta usaha untuk mengatasi kendala dalam pembinaan pedagogik SD Pembangunan Laboratorium UNP. Pendekatan penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif serta mengikuti langkah-langkah yang dilakukan Miles dan Huberman. Data dikumpulkan dengan mengggunakan teknik wawancara observasi dan studi dokumetasi. Penelitian ini menggunakan snowball sampling. Informan kunci adalah kepala sekolah dan guru-guru yang mengajar di SD Pembangunan Laboratorium UNP. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penguasaan kompetensi pedagogik guru masih rendah, ditandai dengan pembuatan RPP hasil adopsi mahasiswa PL dan dipersiapkan untuk keperluan pengawasan, media dan metode masih konvensional, pembelajaran kelas rendah tidak tematik. Pembinaan kompetensi pedagogik guru belum optimal. Pembinaan oleh kepala sekolah dilakukan melalui observasi kelas, rapat dengan guru, dan penugasan kepada guru untuk mengikuti KKG.Pembinaan oleh guru senior terhadap guru junior berupa diskusi atau berbagi pengalaman mengajar, serta guru belajar mandiri. Kendala dalam pembinaan berasal dari internal dan eksternal. Usaha dalam mengatasi kendala dalam pembinaan adalah guru disarankan untuk melanjutkan pendidikan ke S1 serta mengikuti berbagai pelatihan, penilaian kinerja guru, menghubungi UNP untuk memberikan pelatihan kepada guru dalam rangka peningkatan kompetensi pedagogik guru.Penelitian ini menyarankan agar penguasaan dan pembinaan kompetensi pedagogik guru SD Pembangunan Laboratorium UNP dapatditingkatkan melalui berbagai pelatihan dan pembinaan yang berkelanjutan untuk menghasilkan pembelajaran dan pendidikan yang berkualitas.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pembinaan Kompetensi Pedagogik |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 15 Dec 2025 01:58 |
| Last Modified: | 15 Dec 2025 01:58 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32537 |
