Erlina Soata, ES (2014) Pengembangan Media Interaktif Berbasis Quantum Learning pada Materi Menulis Proposal Siswa Kelas XI SMA Kampus Kecamatan Telukdalam Kabupaten Nias Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_2_ERLINA_SAOTA_2684_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian dilaksanakan berdasarkan temuan di lapangan yang menunjukkan bahwa keterampilan menulis siswa masih rendah. Hal ini disebabkan karena metode yang digunakan guru masih konvensional. Penggunaan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif diperlukan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Salah satunya dengan menggunakan media interaktif berbasis Quantum Learning. Metode Quantum Learning membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan bermakna. Oleh karena itu, dikembangkan media interaktif yang valid, praktis dan efektif agar tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai. Penelitian ini menggunakan four-D-models yang terdiri atas tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (denelopment) dan tahap penyebaran (disseminate). Penelitian ini hanya terbatas pada tahap pendefinisian, tahap perancangan, dan tahap pengembangan. Tahap pendefinisian terdiri atas analisis kurikulum, analisis konsep dan analisis siswa. Pada tahap perancangan dilakukan desain media interaktif berbasis Quantum Learning dan mendesain instrumen. Pada tahap pengembangan dilakukan validasi dan ujicoba pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Telukdalam dan siswa SMA Kampus Telukdalam Kabupaten Nias Selatan. Data yang digunakan untuk menentukan kevalidan media interaktif diperoleh dengan menggunakan angket validasi yang diisi oleh validator dari dosen dan guru. Data yang digunakan untuk menentukan kepraktisan media pembelajaran interaktif berbasis Quantum Learning diperoleh dari ujicoba dan hasil pengamatan, sedangkan data yang digunakan untuk menentukan efektivitas media interaktif berbasis Quantum Learning diperoleh dari hasil belajar siswa melalui tes unjuk kerja. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dan dideskripsikan. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa media interaktif berbasis Quantum Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya menulis proposal. Hasil validasi media menunjukkan bahwa: 1) Media interaktif berbasis Quantum Learning yang dikembangkan sudah valid dalam aspek konten dan konstruk dengan rata-rata nilai 3,48. 2) Media interaktif berbasis Quantum Learning sangat praktis dalam aspek menarik dan mudah digunakan oleh guru dan siswa. 3) Media interaktif berbasis Quantum Learning yang dikembangkan sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 15 Dec 2025 01:55 |
| Last Modified: | 15 Dec 2025 01:55 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32525 |
