Pengembangan Buku Teks IPA Model Connected Berbasis Guided Inquiry Tema Petir untuk Meningkatkan Pemahaman Bencana Peserta Didik di SMP N 12 Kota Padang

Hariani, Ria (2018) Pengembangan Buku Teks IPA Model Connected Berbasis Guided Inquiry Tema Petir untuk Meningkatkan Pemahaman Bencana Peserta Didik di SMP N 12 Kota Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_03_RIA_HARIANI_16175026_2565_2018.pdf] Text
final_03_RIA_HARIANI_16175026_2565_2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Indonesia adalah negara beriklim tropis dengan curah hujan yang tinggi. Hujan yang terjadi seringkali diiringi petir. Dampak petir yang paling berbahaya bagi manusia adalah kematian. Beberapa kejadian akibat tersambar petir mengisyaratkan bahwa petir menjadi sebuah ancaman bencana bagi siapa saja. Sangat kurangnya pemahaman bencana petir menjadikan bencana petir sebagai isu strategis nasional yang mendapat prioritas utama dalam bidang pendidikan. Menghadirkan pengetahuan bencana di sekolah merupakan salah satu upaya mengintegrasikan pengetahuan bencana melalui kurikulum pendidikan. Untuk mengimplemetasikan pengetahuan bencana membutuhkan sarana berupa buku teks pelajaran. Belum tersedianya buku teks IPA bertema bencana petir yang berkualitas tinggi menjadi permasalahan utama dalam mengintegrasikan pengetahuan bencana petir di sekolah. Berdasarkan analisis kebutuhan pengembangan buku teks IPA model connected berbasis guided inquiry tema petir dapat menjadi solusi dari permasalahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Prosedur pengembangan dimulai dari tahap analysis dengan melakukan analisis kebutuhan, tahap design dengan melakukan perancangan terhadap buku teks yang akan dikembangkan, tahap development meliputi uji validitas buku oleh tiga orang ahli, tahap Implementation meliputi uji coba buku teks pada pembelajaran di kelas, dan tahap evaluation dengan melakukan analisis dan interpretasi terhadap praktikalitas buku berdasarkan respon peserta didik dan guru, serta hasil belajar peserta didik untuk menentukan efektivitas buku. Uji coba produk meliputi uji validitas, uji efektivitas dan uji praktikalitas. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IX.2 SMP N 12 Padang sebanyak 34 orang. Jenis data adalah data primer. Instrumen pengumpul data terdiri dari angket analisis kebutuhan, angket validitas, angket praktikalitas, tes kompetensi, lembar penilaian sikap dan keterampilan sebagai instrumen efektivitas. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian diperoleh buku teks IPA model connected berbasis guided inquiry tema petir dengan kriteria valid, sangat praktis dan efektif. Selain itu, buku teks memberikan implikasi dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Buku Teks, IPA Terpadu, Model Connected, Guided Inquiry, Peti
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Fisika-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 15 Dec 2025 01:52
Last Modified: 15 Dec 2025 01:52
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32519

Actions (login required)

View Item
View Item