Tindak Tutur Direktif Guru dalam Kegiatan Muhadarah di MTsN Lubuk Buaya Kota Padang

Erina Erlis, EE (2014) Tindak Tutur Direktif Guru dalam Kegiatan Muhadarah di MTsN Lubuk Buaya Kota Padang. Diploma/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_2_ERINA_ERLIS_1204078_5291_2014.pdf] Text
final_2_ERINA_ERLIS_1204078_5291_2014.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk, strategi, konteks tindak tutur direktif guru, dan respons siswa terhadap tindak tutur direktif guru dalam menyampaikan materi dalam kegiatan muhadarah di MTsN Lubuk Buaya Kota Padang. Subjek penelitian adalah guru-guru yang memberikan materi dalam kegiatan muhadarah. Pemilihan subjek penelitian ini berdasarkan jadwal yang sudah ditetapkan oleh sekolah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian berupa tindak tutur direktif guru dalam kegiatan muhadarah dengan sumber data adalah tujuh orang guru yang menyampaikan materi. Data dikumpulkan dengan teknik simak, sadap, dan pencatatan. Pengolahan data dimulai dari pentranskripsian, pengklasifikasian data berdasarkan bentuk, strategi, konteks, dan respons siswa terhadap tindak tutur direktif guru berdasarkan teori yang digunakan dan dilanjutkan dengan penginterpretasian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa bentuk tindak tutur direktif guru dalam kegiatan muhadarah adalah permintaan, pertanyaan, pelarangan, persyaratan, pengizinan, dan nasihat. Bentuk tindak tutur direktif yang paling sering digunakan adalah bentuk pertanyaan dan yang paling jarang adalah bentuk pelarangan. Strategi tindak tutur direktif yang digunakan guru adalah bertutur terus terang tanpa basa-basi, bertutur langsung dengan basa-basi kesantunan positif, bertutur langsung dengan basa-basi kesantunan negatif, dan bertutur samar-samar. Strategi yang paling sering digunakan adalah bertutur langsung dengan basa-basi kesantunan positif dan yang jarang adalah bertutur samar samar. Konteks tuturan tindak tutur direktif guru melibatkan tujuh orang guru sebagai penutur, siswa sebagai mitra tutur, tujuh topik, dan rata-rata peristiwa tutur dalam keadaan tenang. Respons siswa terhadap tindak tutur direktif guru terdiri atas respons verbal dan nonverbal. Respons verbal dan nonverbal tersebut secara umum ditanggapi secara positif atau baik oleh para siswa.

Item Type: Thesis (Diploma/Tugas Akhir)
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 15 Dec 2025 01:52
Last Modified: 15 Dec 2025 01:52
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32516

Actions (login required)

View Item
View Item