Donheri, Rezki (2016) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Kontekstual untuk Siswa SMA Kelas X pada Materi Jarak pada Bangun Ruang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_03_REZKI_DONHERI_14205047_1007_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Ada beberapa masalah yang melatarbelakangi penelitian ini adalah kurangnya kemampuan siswa dalam memvisualisasikan materi jarak pada bangun ruang, pendidik kurang memfasilitasi media pembelajaran yang menarik dan pembelajaran yang berpusat pada guru. Untuk mengatasi masalah tersebut penulis mencoba melakukan penelitian dengan mengembangkan media pembelajaran matematika interaktif berbasis kontekstual pada materi jarak pada bangun ruang. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran matematika interaktif berbasis kontekstual yang valid, praktis dan efektif. Penelitian pengembangan yang dilaksanakan ini menggunakan model pengembangan Plomp terdiri atas tiga fase, yaitu fase pendahuluan, yaitu pada fase ini dilaksanakan analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis konsep dan analisis siswa. Fase pengembangan Prototype, yaitu pada fase ini dilaksanakan evaluasi formatif yang terdiri atas evaluasi sendiri, evaluasi satu- satu, tinjauan ahli, evaluasi kelompok kecil dan uji kelompok besar. Pada fase penilaian dilaksanakan ujicoba pada siswa kelas X SMA untuk melihat hasil aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran yang dikembangkan. Media pembelajaran yang dihasilkan dikatakan valid karena telah memenuhi kriteria valid dari segi isi dan kontekstual. Media pembelajaran sudah praktis dari segi keterlaksanaan, kemudahan dan waktu yang diperlukan, karena media pembelajaran yang dikembangkan dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran matematika. Media pembelajaran juga telah efektif karena dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yang sangat baik dan kemampuan pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari yang baik (hasil belajar klasikal siswa yang mencapai 79,49% sama dan diatas KKM). Berdasarkan pengembangan yang telah dilaksanakan, diperoleh media pembelajaran matematika interaktif berbasis kontekstual pada materi jarak pada bangun ruang yang valid, praktis dan efektif.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | kemampuan visualisasi, berbasis media, kontekstual matematika, model Plomp |
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Matematika-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 15 Dec 2025 01:51 |
| Last Modified: | 15 Dec 2025 01:51 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32511 |
