Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division terhadap Hasil Belajar Mekanika Teknik Siswa Kelas X Desain Permodelan Informasi Bangunan SMKN 2 Kota Solok

Indriani, Suci (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division terhadap Hasil Belajar Mekanika Teknik Siswa Kelas X Desain Permodelan Informasi Bangunan SMKN 2 Kota Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_SUCI_INDRIANI_168_14061036_2019.pdf] Text
final_B1_1_SUCI_INDRIANI_168_14061036_2019.pdf

Download (829kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar Mekanika Teknik siswa SMK Negeri 2 Kota Solok kelas X Jurusan Teknik Gambar Bangunan. Peneliti menggunakan masalah tersebut sebagai latar belakang penelitian. Model pembelajaran yang menarik adalah Student Teams Achievement Division (STAD) yang mencoba memecahkan masalah. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu dengan Nonequivalent Control Group Design. Populasi adalah siswa dan sampelnya dipilih dengan menggunakan metode Cluster. Kemudian, sampel diberikan 22 pertanyaan soal pada kegiatan pretest dan posttest. Hasil diperoleh dari analisis menggunakan dua skor yang berbeda (t test). Berdasarkan analisis, ditunjukkan bahwa model STAD membantu siswa untuk mendapatkan skor yang lebih tinggi (79,18) dan kelas kontrol (71,69). Skor tinggi sudah mencapai KKM. Uji hipotesis menunjukkan t-hitung lebih besar dari t-tabel (2,12>2,017). Kesimpulannya, ada konstribusi model STAD pada nilai pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 12 Dec 2025 03:04
Last Modified: 12 Dec 2025 03:04
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32476

Actions (login required)

View Item
View Item