Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Facilitator and Explaining terhadapHasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI ISSMA N 1 Painan

Fitri Yenti, Dessy (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Facilitator and Explaining terhadapHasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI ISSMA N 1 Painan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_02_DESSY_FITRI_YENTI_14046002_4886_2018.pdf] Text
final_B1_02_DESSY_FITRI_YENTI_14046002_4886_2018.pdf

Download (923kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning tipe Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar sejarah. Permasalahan penelitian ini adalah pengetahuan peserta didik dalam materi pemahaman sebab akibat peristiwa sejarah masih rendah, guru yang masih dominan menggunakan metode ceramah, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah masih di bawah KKM yakni 77. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian adalah menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe StudentFacilitator and Explaining untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IS berjumlah 156 orang dengan sampel penelitian berjumlah 62 orang yang diambil melalui teknik claster sampling (random kelompok). Pengambilan data dilakukan dengan cara pretest dan postest dengan menggunakan perangkat soal pilihan ganda sebanyak 50 butir soal. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis ( ujit). Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh positif penerapam model pembelajaran Cooperative Learning tipe Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar siswa kelas XI IS SMA N 1 Painan. Temuan penelitian menunjukan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 7,32 dan pretest kelas kontrol 6,74 sedangkan rata-rata postest kelas eksperimen 11,54 dan posttest kelas kontrol 8,54. Analisis uji normalitas menunjukan kedua sampel berdistribusi normal dimana Lhit< Ltab yakni kelas ekperimen 0,800 dan kelas kontrol0,807 dengan Ltab 0,886. Hasil uji homogenitas sampel memiliki varian yang homogen dimana Fhit 1,483 < Ftab 2,04227. Hasil uji t menunjukan Thit 6,22494> Ttab 2,0427 sehingga dapat dinyatakan H1 diterima dan H0 ditolak. Demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaranCooperative Learing tipe Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XI IS.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning, Student Facilitator and Explainng, Hasil Belajar, Pembelajaran Sejarah, Peristiwa Sejarah.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 12 Dec 2025 02:53
Last Modified: 12 Dec 2025 02:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32457

Actions (login required)

View Item
View Item