Pengembangan Modul Berbasis Penemuan Terbimbing pada Perkuliahan Kalkulus Peubah Banyak 1

Melisa, Melisa (2012) Pengembangan Modul Berbasis Penemuan Terbimbing pada Perkuliahan Kalkulus Peubah Banyak 1. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_3_MELISA_19524_6836_2012.pdf] Text
final_3_MELISA_19524_6836_2012.pdf

Download (401kB)

Abstract

Pada perkuliahan Kalkulus Peubah Banyak 1, mahasiswa hanya mengandalkan satu buku teks sebagai buku pegangan pada proses perkuliahan. Namun, buku teks tersebut tidak mampu melibatkan mahasiswa secara aktif dalam melakukan penemuan-penemuan guna membangun pemahaman konsep terhadap materi yang dipelajarinya. Kurangnya keterlibatan mahasiswa dalam membangun pemahaman konsep mengakibatkan mahasiswa mudah lupa terhadap materi tersebut. Hal ini berimplikasi pada hasil belajar yang rendah. Oleh karena itu dibutuhkan suatu bahan perkuliahan yang dapat membantu mahasiswa, yakni berupa modul. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan modul berbasis penemuan terbimbing yang valid, praktis dan efektif pada mata kuliah Kalkulus Peubah Banyak 1 di STKIP PGRI Sumatera Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan model 4-D yang terdiri dari 3 tahap yaitu: tahap pendefinisian (define) atau analisis kebutuhan, perancangan (design) dan pengembangan (develop). Modul berbasis penemuan terbimbing divalidasi oleh pakar Kalkulus Peubah Banyak 1 dan bahasa. Praktikalitas diselidiki melalui observasi pelaksanaan perkuliahan dan wawancara dengan mahasiswa. Efektivitas diselidiki melalui observasi aktivitas dan hasil belajar mahasiswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan hasil validasi yaitu valid dari segi isi dan konstruk. Pada tahap praktikalitas, diperoleh hasil bahwa modul berbasis penemuan terbimbing pada perkuliahan Kalkulus Peubah Banyak 1 sudah praktis untuk digunakan. Penggunaan modul pada perkuliahan dapat meningkatkan aktivitas mahasiswa. Tingkat ketuntasan hasil belajar mahasiswa mencapai 71%. Ini berarti modul efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa modul berbasis penemuan terbimbing pada perkuliahan Kalkulus Peubah Banyak 1 yang dikembangkan telah valid, praktis dan efektif digunakan sebagai bahan ajar untuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sumatera Barat.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 12 Dec 2025 02:53
Last Modified: 12 Dec 2025 02:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32456

Actions (login required)

View Item
View Item