Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Matematika di Kelas VII SMP Negeri 1 Angkola Timur

Harahap, Melinda Asturi (2012) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Matematika di Kelas VII SMP Negeri 1 Angkola Timur. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_3_MELINDA_ASTURI_HARAHAP_19608_3068_2012.pdf] Text
final_3_MELINDA_ASTURI_HARAHAP_19608_3068_2012.pdf

Download (419kB)

Abstract

Hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri 1 Angkola Timur selama ini masih rendah. Pembelajaran yang dilaksanakan kurang menarik minat siswa. Guru lebih mendominasi kegiatan pembelajaran, sehingga siswa pasif. Oleh sebab itu perlu diupayakan menerapkan pendekatan yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar.Salah satu pendekatan yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa adalah pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistikterhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIISMP Negeri 1 Angkola Timur. Penelitian menggunakan metode eksperimen semu (Quasi Experiment) yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Angkola Timur pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012 dengan populasi siswa kelas VII yang terdiri dari lima kelas. Sampel adalah kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-5 sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan metode random sampling.Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar matematika.Data dianalisis dengan uji-t dan analisis variansi dua arah. Hasil analisis data memperlihatkan hal berikut ini.Pertama, hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik lebih baik daripada siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Kedua, tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal siswa dengan model pembelajaran dalam mempengaruhi hasil belajar matematika..Ketiga, hasil belajar matematika siswa yang mempunyai kemampuan awal rendah yang diajar dengan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik lebih tinggi daripada yang diajar dengan model pembelajaran konvensional.Keempat, hasil belajar matematika siswa yang mempunyai kemampuan awal tinggi yang diajar dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik lebih tinggi daripada yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 12 Dec 2025 02:51
Last Modified: 12 Dec 2025 02:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32455

Actions (login required)

View Item
View Item