Roza, Melia (2013) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD melalui Teknik Quick on the Draw terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMPN 3 Talamau. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_3_MELIA_ROZA_1104050_6217_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari masalah rendahnya pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematis siswa di SMPN 3 Talamau. Hal ini disebabkan antara lain karena pembelajaran yang masih terpusat pada guru. Siswa tidak terlibat secara aktif dalam mengali konsep-konsep atau ide-ide matematika. Untuk mengatasi masalah tersebut digunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD melalui teknik Quick On The Draw. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif Tipe STAD melalui teknik Quick On The Draw terhadap pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Exsperiment. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 3 Talamau yang terdaftar pada semester II tahun pelajaran 2012/2013. Pemilihan sampel dilakukan secara random sampling sehingga yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah siswa kelas VII1 dan sebagai kelas kontrol adalah siswa kelas VII2. Instrumen penelitian adalah tes kemampuan awal dan tes akhir berupa soal pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematis. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t dan ANAVA duan arah untuk interaksi. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD melalui teknik Quick On The Draw lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. (2) Pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematis siswa berkemampuan awal tinggi dan rendah yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD melalui teknik Quick On The Draw lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal dalam mempengaruhi pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematis siswa.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 12 Dec 2025 02:50 |
| Last Modified: | 12 Dec 2025 02:50 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32451 |
