Dini, Ratih Kemala (2016) Kontribusi Kompetensi Sosial Guru dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Audio SMKN 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_05_RATIH_KEMALA_DINI_4598_2016.pdf
Download (675kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa
kelas XI TAV pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016 dalam Mata
Pelajaran Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika, dimana 44,45 % siswa mendapat
nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk
mengungkapkan Kontribusi Kompetensi Sosial Guru Dan Motivasi Belajar
terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika
siswa kelas XI Jurusan TAV SMK Negeri 1 Padang. Hipotesis yang diajukan
dalam penelitian ini adalah 1) kompetensi sosial guru dan motivasi belajar secara
bersama–sama terhadap hasil belajar menerapkan dasar-dasar elektronika siswa
kelas XI jurusan TAV SMK Negeri 1 Padang. 2) kompetensi sosial guru terhadap
hasil belajar menerapkan dasar-dasar elektronika siswa kelas XI jurusan TAV
SMK Negeri 1 Padang 3) motivasi belajar terhadap hasil belajar menerapkan
dasar-dasar elektronika siswa kelas XI jurusan TAV SMK Negeri 1 Padang,
Penelitian ini melibatkan 39 responden siswa kelas XI di SMKN 1 Padang.
Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif yang bersifat korelasional.
Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (Simple Random Sampling).
Data hasil belajar diperoleh dari guru mata pelajaran menerapkan dasar-dasar
elektronika, sedangkan data kompetensi sosial guru dan motivaasi belajar
dikumpulkan melalui angket dengan menggunakan Skala Likert yang telah diuji
validitas dan reliabilitasnya. Kemudian data dianalisis menggunakan metode
statistik untuk dianalisis korelasinya. Hasil analisis data menunjukkan : 1)
Kompetensi Sosial Guru dan Motivasi Belajar secara bersama–sama memberikan
kontribusi sebesar 44,7 % terhadap hasil belajar, 2) Kompetensi Sosial Guru
memberikan kontribusi sebesar 5,06 % terhadap hasil belajar, 3) Motivasi Belajar
memberikan kontribusi sebesar 21,34 % terhadap hasil belajar mata pelajaran
menerapkan dasar-dasar elektronika siswa kelas XI jurusan TAV SMK Negeri 1
Padang.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Sosial Guru |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
| Depositing User: | Mulida Djamarin S.Sos |
| Date Deposited: | 12 Dec 2025 02:47 |
| Last Modified: | 12 Dec 2025 02:47 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32444 |
