Moza, Wiko Putra (2011) Optimalisasi Penambangan Bijih Timah pada Proses Pengerukan Tanah Lapisan Atas , Kaksa, Sampai Kong di Kapal Keruk 07 Meranteh Unit Laut Bangka Untuk Meningkatkan Produksi Timah. Diploma/Proyek Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_WIKO_PUTRA_MOZA_76858_2011.pdf.pdf [thumbnail of B1_WIKO_PUTRA_MOZA_76858_2011.pdf.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
B1_WIKO_PUTRA_MOZA_76858_2011.pdf.pdf
Download (2MB)
Abstract
t Kecamatan Belinyu dengan menggunakan Kapal Keruk 07 Meranteh yang 
mempunyai kapasitas mangkok 14 Cuft. Metode yang digunakan kapal keruk 07 
Meranteh adalah metode short face mining, dimana penggalian dilakukan dengan 
membagi kolong kerja menjadi irisan-irisan dengan panjang 30 meter, yang 
bertujuan untuk penggalian yang efektif. 
Optimalisasi pengerukan adalah salah satu upaya peningkatan volume 
pengisian mangkok, sehingga nilai laju pemindahan tanah (Lpt) semakin besar. 
Optimalisasi pengerukan berdampak besar terhadap Laju pemindahan tanah, laju 
penggalian ideal pada kapal keruk ini mencapai 519,16 m³/jam. Berdasarkan 
prosedur pengerukan yang ada, kapal keruk ini dapat melakukan penggalian dengan 
target persentase pengisian mangkok tanah atas sebesar 140 % dan untuk lapisan 
pasir bertimah (kaksa) sebesar 80 %. 
Berdasarkan pengamatan dilapangan dan perhitungan yang dilakukan dari data�data yang telah dikumpulkan, persentase pengisian mangkok saat ini hanya sebesar 
130,41 % untuk lapisan tanah atas dan 68,64 % untuk lapisan pasir bertimah. Hal ini 
menunjukkan persentase pengisian mangkok belum optimal. 
Penulis disini juga mengamati faktor-faktor yang mempengaruhi optimalisasi 
pengerukan terhadap laju pemindahan tanah yakni faktor teknis dan faktor non 
teknisnya. Dimana faktor teknisnya berhubungan dengan peralatan kapal keruk 
tersebut terhadap kecepatan geser kawat samping dan kedalaman penekanan ladder 
yang berdampak terhadap persentase pengisian mangkok. Aspek non teknisnya 
berhubungan dengan kekerasan tanah, faktor cuaca dan faktir pasang surut air laut 
serta faktor manusia itu sendiri.
| Item Type: | Thesis (Diploma/Proyek Akhir) | 
|---|---|
| Subjects: | T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy | 
| Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan-D3 | 
| Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP | 
| Date Deposited: | 07 Mar 2025 02:30 | 
| Last Modified: | 07 Mar 2025 02:30 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3244 | 
 
         