Noverilan, Noverilan (2012) Kontribusi Kemampuan Membaca Pemahaman dan Motivasi Belajar terhadap Keterampilan Menulis Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_2_NOVERILAN_19234_1826_2013.pdf
Download (132kB)
Abstract
Berdasarkan pengalaman mengajar dan observasi yang dilakukan di SMA Negeri 4 Padang diketahui bahwa siswanya memiliki kemampuan menulis yang rendah. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah pembelajaran menulis lebih banyak disampaikan oleh guru Bahasa Indonesia dengan berceramah. Faktor lain adalah motivasi belajar siswa rendah serta kurang terlatih dalam memahami bacaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan, mengolah, menganalisis, dan membahas data tentang kemampuan membaca pemahaman dan motivasi belajar terhadap kemampuan menulis argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 4 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 4 Padang tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 282 siswa dan sampel penelitian ini 74 siswa dengan menggunakan teknik random sampling. Instrumen penelitian ini adalah angket dan tes. Analisis data digunakan dengan dua cara, yaitu (1) analisis deskriptif dan (2) analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: (1) terdapat kontribusi kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan menulis argumentasi siswa sebesar 14,60% dengan koefisien korelasi sebesar 0,382 dengan arah hubungan positif, (2) terdapat kontribusi motivasi belajar dengan kemampuan menulis argumentasi siswa sebesar 12,80% dengan koefisien korelasi sebesar 0,358 dengan arah hubungan positif, dan (3) terdapat kontribusi kemampuan membaca pemahaman dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis argumentasi siswa sebesar 22,80% dengan koefisien korelasi ganda sebesar 0,478 dengan arah hubungan positif. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca pemahaman dan motivasi belajar memberikan kontribusi terhadap kemampuan menulis argumentasi secara signifikan. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk dapat berupaya meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa supaya siswa lebih termotivasi untuk belajar sehingga kemampuan menulis argumentasi siswa juga meningkat. Kepada siswa diharapkan untuk dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dan memiliki motivasi belajar yang tinggi sehingga kemampuan menulis argumentasi dapat ditingkatkan.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kontribusi, Pemahaman, Keterampilan, Kelas X, SMA Negeri 4 Padang, |
| Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PN Literature (General) |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 12 Dec 2025 02:46 |
| Last Modified: | 12 Dec 2025 02:46 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32430 |
