Ennita, Ennita (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS dengan Menggunakan model Cooperative Learning Tipe Students Teams Achievement Division (STAD) di Kelas IV SD Negeri 05 Birugo Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_ENNITA_09328_2011.pdf
Download (259kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran IPS di SDN 05 Birugo yang selama ini masih bersifat konvensional. Model pembelajaran yang digunakan guru belum mampu menumbuhkan iklim pembelajaran yang melibatkan siswa dalam pembelajaran yang aktif dan kreatif serta mendukung produktivitas dalam pengembangan berfikir siswa. Proses Pembelajaran IPS cenderung monoton, karena yang aktif adalah guru sedangkan siswa bersifat pasif. Keadaan ini menimbulkan kejenuhan, kebosanan, serta menurunkan minat dan motivasi belajar siswa. Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dilakukan PTK dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik observasi dan instrumen tes pengamatan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 05 Birugo Bukittinggi yang terdaftar tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dua kali pertemuan dan siklus II dua kali pertemuan. Prosedur penelitian dilakukan melalui 4 tahap yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, 4) refleksi. Sumber data adalah proses pelaksanaan pembelajaran IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas IV SD Negeri 05 Birugo Bukittinggi . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I pertemuan I, sebagian siswa belum terbiasa dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, sehingga dilakukan tindakan dengan memberi penjelasan kepada siswa tentang langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD. Pada pertemuan II sudah mulai terbiasa dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, sehingga hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari rata-rata 64% pada siklus I pertemuan 1 menjadi 69% pada siklus I pertemuan 2. Dan pada siklus II peretemuan 1 rata-rata meningkat menjadi 76% dan pada silkus II pertemuan 2 menjadi 80.5%. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 05 Birugo Bukittinggi.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
| Date Deposited: | 12 Dec 2025 02:31 |
| Last Modified: | 12 Dec 2025 02:32 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32402 |
