Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Spider Map pada Materi Hukum Newton

Ilwandri, Ilwandri (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Spider Map pada Materi Hukum Newton. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_03_ILWANDRI_1103888_5762_2017.pdf] Text
final_03_ILWANDRI_1103888_5762_2017.pdf

Download (822kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi belum tersedianya perangkat pembelajaran fisika di SMAN 4 Kerinci yang sesuai dengan karakteristik, kondisi, kemampuan siswa dan tuntutan kurikulum. Hal ini terlihat dari analisis kurikulum, analisis siswa dan analisis materi di SMAN 4 Kerinci yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat Pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan spider map pada materi Hukum Newton yang valid, praktis dan efektif. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D yang terdiri dari atas 4 tahap, yaitu: pendefenisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Penelitian ini dilakukan di kelas X SMAN 4 Kerinci dengan jumlah siswa 35 orang. Proses pengembangan ini menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan spider map pada materi Hukum Newton yang valid, praktis, dan efektif. Hasil penelitian menunjukan bahwa perangkat pembelajaran yang dihasilkan valid, praktis, dan efektif. Hal tersebut dilihat berdasarkan nilai validitas, praktikalitas dan efektifitas perangkat pembelajaran. Nilai Validitas perangkat pembelajaran oleh pakar adalah 0,89% berkatagori valid dan oleh praktisi adalah 0,91% berkatagori valid. Nilai praktikalitas diperoleh dari angket respon guru dan angket respon siswa. Nilai praktikalitas oleh guru adalah 87,2% berkatagori sangat praktis, nilai praktikalitas oleh siswa adalah 89,2% berkatagori sangan praktis. Nilai efektifitas perangkat pembelajaran diperoleh dari penilaian aktivitas dan hasil belajar siswa. Nilai aktivitas klasikal adalah 75,82% berkatagori aktif, persentase ketuntassan klasikal hasil belajar ranah kognitif adalah 80%, hasil belajar ranah afektif 71,28% berkatagori baik, dan persentase ketuntassan klasikal hasil belajar ranah psikomotor adalah 80%. Dengan demikian, penelitian ini telah menghasikan perangkat Pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan spider map pada materi Hukum Newton yang valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran Fisika, Kooperatif Tipe STAD, Spider Map, Hukum Newton
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Fisika-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 12 Dec 2025 02:38
Last Modified: 12 Dec 2025 02:38
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32398

Actions (login required)

View Item
View Item