Marisa, Kiki (2014) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X MAS Kabupaten Solok. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_3_KIKI_MARISA_1203742_3579_2014.pdf
Download (768kB)
Abstract
Kemampuan matematis khususnya pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas X MAS Kabupaten Solok masih rendah. Hal ini terjadi karena proses pembelajaran masih terpusat pada guru, siswa kurang memahami konsep matematis yang dipelajari dan hanya mampu mengingat prosedur penyelesaian soal seperti yang dicontohkan oleh guru. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TTW terhadap pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jenis Penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAS Kabupaten Solok. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X1 MAS PSA Sulit Air sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X2 MAS PSA Sulit Air sebagai kelas kontrol. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t, t’ dan Mann Whitney U. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan, yaitu: pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional baik dilihat secara keseluruhan, maupun berdasarkan kemampuan awal tinggi, sedang dan rendah. Hal ini berarti model pembelajaran kooperatif tipe TTW berpengaruh baik terhadap pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran kooperatif, Think Talk Write (TTW), Pemahaman konsep matematis, Pemecahan masalah matematis |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan Penerbitan |
| Date Deposited: | 12 Dec 2025 02:29 |
| Last Modified: | 12 Dec 2025 02:29 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32390 |
