Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI SMA/MA

Putri, Illona (2017) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI SMA/MA. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_03_ILLONA_PUTRI_15176001_1928_2017.pdf] Text
final_03_ILLONA_PUTRI_15176001_1928_2017.pdf

Download (5MB)

Abstract

Salah satu bahan ajar yang sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013 dan dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan adalah LKPD berbasis inkuiri terbimbing. LKPD ini dirancang dengan menggunakan tahapan inkuiri terbimbing yaitu orientasi, eksplorasi, pembentukan konsep, aplikasi, dan penutup yang digunakan untuk aktivitas kelas dan aktivitas laboratorium. LKPD ini juga dilengkapi dengan tiga level representasi kimia yaitu makroskopik, sub-mikroskopik, dan simbolik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis inkuiri terbimbing yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian rancangan dengan menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tahap investigasi awal, perancangan, dan uji coba dan penilaian. Uji validitas dilakukan oleh lima orang ahli materi, satu orang ahli bahasa, dan satu orang ahli media menggunakan instrumen validitas dengan perolehan momen kappa (κ) berturut turut sebesar 0,80; 0,76; dan 0,80 dengan kategori tinggi. Uji praktikalitas dilakukan pada tahap evaluasi perorangan, evaluasi kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar terhadap siswa kelas XII SMAN 8 Padang menggunakan angket dengan perolehan momen kappa (κ) berturut-turut sebesar 0,83 (kategori sangat tinggi); 0,76 (kategori tinggi); dan 0,80 (kategori tinggi). Uji praktikalitas juga dilakukan dengan menggunakan angket respon guru dengan perolehan momen kappa (κ) sebesar 0,88 dengan kategori sangat tinggi. Pada uji efektivitas sebanyak 78% peserta didik memperoleh nilai di atas KKM dan diperoleh gain score peserta didik dari hasil pretes dan postes sebesar 0,61 dengan kategori sedang dan rata-rata aktivitas peserta didik diperoleh 87,9% dengan kategori sangat efektif. Hasil ini menunjukkan bahwa LKPD berbasis inkuiri terbimbing yang dihasilkan telah valid, praktis, dan efektif serta dapat digunakan dalam proses pembelajaran pada materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Inkuiri Terbimbing, Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan, Model Plomp
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Kimia-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 12 Dec 2025 02:30
Last Modified: 12 Dec 2025 02:30
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32384

Actions (login required)

View Item
View Item