Peningkatan Kemampuan Membaca Puisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Salimpaung dengan Menggunakan Pendekatan SAVI

Tivana, Engla (2011) Peningkatan Kemampuan Membaca Puisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Salimpaung dengan Menggunakan Pendekatan SAVI. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ENGLA_TIVANA_86410_4469_2011.pdf] Text
final_B1_ENGLA_TIVANA_86410_4469_2011.pdf

Download (349kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses peningkatan kemampuan membaca siswa kelas VII SMP Negeri 2 Salimpaung dengan menggunakan pendekatan SAVI. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.1 SMP Negeri 2 Salimpaung yang berjumlah 26 orang. Prosedur penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan tatap muka. Setiap siklus dilaksanakan melalui tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data penelitian berupa hasil tes membaca puisi, dan hasil lembar observasi siswa terhadap pembelajaran kemampuan membaca puisi siswa kelas VII.1 SMP Negeri 2 Salimpaung dengan Menggunakan Pendekatan SAVI tahun ajaran 2010/2011. Berdasarkan deskripsi data dan analisis data disimpulkan bahwa kemampuan membaca puisi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Salimpaung dengan menggunakan pendekatan SAVI dari siklus 1 hingga siklus 2 mengalami peningkatan. Hasil peningkatan tersebut adalah sebagai berikut. Pertama, kemampuan melafalkan siswa dalam membaca puisi dari klasifikasi cukup (62,3%) meningkat menjadi klasifikasi baik (82,3%). Kedua, kemampuan intonasi siswa dalam membaca puisi dari klasifikasi cukup (62,3%) meningkat menjadi klasifikasi baik (79,2%). Ketiga, kemampuan penghayatan siswa dalam membaca puisi dari klasifikasi cukup (66,2%) meningkat menjadi klasifikasi baik (80,0%). Keempat, kemampuan mimic/gerak siswa dalam membaca puisi dari klasifikasi cukup (63.1%) meningkat menjadi klasifikasi baik (80,8%). Dapat disimpulkan secara keseluruhan kemampuan membaca puisi siswa kelas VII.1 SMP Negeri 2 Salimpaung dengan menggunakan pendekatan SAVI dari penilaian cukup menjadi baik

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 12 Dec 2025 01:01
Last Modified: 12 Dec 2025 01:01
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32374

Actions (login required)

View Item
View Item