Pengaruh Penggunaan Lembaran Kerja Siswa Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Pembelajaran Materi Struktur Atom dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Kerinci

Husni, HU (2017) Pengaruh Penggunaan Lembaran Kerja Siswa Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Pembelajaran Materi Struktur Atom dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Kerinci. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_03_HUSNI_1209851_3025_2018.pdf] Text
final_03_HUSNI_1209851_3025_2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Materi pelajaran kimia banyak mempelajari konsep-konsep bersifat abstrak yang harus diserap siswa dalam waktu yang relatif terbatas, sehingga menjadikan kimia sebagai mata pelajaran yang dianggap sulit bagi siswa. Salah satu pembelajaran sainstifik yang didasarkan pada siklus belajar eksplorasi, pembentukan sikap dan aplikasi adalah pembelajaran dengan menggunakan lembaran kerja siswa (LKS) yang berbasis inkuiri terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati pengaruh penggunaan LKS berbasis inkuiri terbimbing dalam pembelajaran kimia pada materi struktur atom terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian true experimental dengan rancangan penelitian Pos-test Only Control Group Desaign, yaitu dengan cara membandingkan hasil tes akhir kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 6 Kerinci semester I tahun pelajaran 2016/2017, terdiri dari lima kelas paralel. Sampel ditentukan berdasarkan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil pengujian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa materi struktur atom pada ranah kognitif kelas X SMA Negeri 6 Kerinci yang menerapkan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dengan menggunakan media LKS berbasis inkuiri terbimbing lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 6 Kerinci yang menerapkan strategi pembelajaran konvensional dengan menggunakan media LKS suatu penerbit.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing, Struktur Atom, Hasil Belajar, Kimia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Kimia-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 12 Dec 2025 01:05
Last Modified: 12 Dec 2025 01:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32373

Actions (login required)

View Item
View Item