Utami, Khurnia Budi (2014) Pengaruh Teknik Brainstorming terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri Kecamatan Lubuk Basung. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_3_KHURNIA_BUDI_UTAMI_1203698_5866_2014.pdf
Download (792kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari masalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa kelas XI IPA SMAN Kecamatan Lubuk Basung. Hal ini terlihat dari hasil observasi yang dilakukan ke sekolah dan analisis terhadap hasil tes kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis yang diberikan pada siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, digunakan teknik pembelajaran brainstorming. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan teknik brainstorming terhadap kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa kelas XI IPA SMAN Kecamatan Lubuk Basung. Jenis Penelitian ini adalah Quasi Experiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN Kecamatan Lubuk Basung. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah Ramdom Sampling. Sampel pada penelitian ini adalah siswa XI IPA 2 SMAN 1 Lubuk Basung sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPA 3 SMAN 2 Lubuk Basung sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah angket gaya belajar untuk melihat gaya belajar siswa dan tes akhir untuk melihat kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh beberapa kesimpulan. Pertama, kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan teknik brainstorming lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Kedua, kemampuan pemecahan masalah siswa bergaya belajar visual dan kinestetik yang diajar dengan teknik brainstorming lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional, namun tidak ada perbedaan pada kemampuan pemecahan masalah siswa bergaya belajar auditori yang diajar dengan teknik brainstorming dan yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Ketiga, kemampuan komunikasi matematis siswa bergaya belajar visual dan kinestetik yang diajar dengan teknik brainstorming lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional, namun tidak ada perbedaan pada kemampuan komunikasi matematis siswa bergaya belajar auditori yang diajar dengan teknik brainstorming dan yang diajar dengan pembelajaran konvensional.
| Item Type: | Thesis (Doctoral/Disertasi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Brainstorming, Pemecahan masalah matematis, Komunikasi matematis, Gaya belajar, Quasi experiment, Pembelajaran matematika |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan Penerbitan |
| Date Deposited: | 12 Dec 2025 01:02 |
| Last Modified: | 12 Dec 2025 01:02 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32372 |
