Lielianggy, Engla Desta (2011) Peningkatan Kemampuan Menulis Laporan Wawancara dengan Metode Konstruktivisme Siswa Kelas X2 SMA Negeri 1 Sungai Aur Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_ENGLA_DESTA_LIELIANGGY_76973_1738_2011.pdf
Download (772kB)
Abstract
Pembelajaran menulis laporan wawancara dengan metode konstruktivisme
di sekolah menengah atas bertujuan agar siswa memiliki kemampuan dan
keterampilan untuk menulis laporan wawancara. Berdasarkan hasil pengamatan
awal di SMA Negeri 1 Sungai Aur Pasaman Barat, diperoleh informasi bahwa
siswa mengalami kesulitan dan belum optimal dalam menulis laporan wawancara.
Salah satu faktornya adalah metode pembelajaran yang digunakan guru untuk
meningkatkan kemampuan siswa menulis laporan wawancara di sekolah tersebut
belum sesuai. Pengetahuan siswa dalam menulis laporan wawancara masih kurang
sehingga siswa kesulitan dalam pembelajaran menulis laporan wawancara.
Penggunaan metode konstruktivisme dalam pembelajaran menulis laporan
wawancara merupakan salah satu alternatif untuk pemecahan masalah tersebut.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses penggunaan
metode konstruktivisme dalam meningkatkan kemampuan menulis laporan
wawancara siswa kelas X2 SMA Negeri 1 Sungai Aur Pasaman Barat.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan
pendekatan kualitatif dengan rancangan (penelitian tindakan kelas) yang meliputi:
(1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengobservasian hasil
tindakan, dan (4) refleksi. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam dua siklus,
yaitu siklus 1 dan siklus 2. Siklus 2 dilaksanakan berdasarkan hasil evaluasi pada
siklus 1. Peneliti bertindak sebagai penyaji dalam proses pembelajaran, sedangkan
sebagai pengamat atau kolaborator adalah guru mata pelajaran Bahasa Indonesia
di kelas X2 SMA Negeri 1 Sungai Aur Pasaman Barat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode konstruktivisme
dalam pembelajaran menulis laporan wawancara, efektif untuk meningkatkan
kemampuan menulis laporan wawancara siswa. Dari hasil penelitian tindakan
kelas ini dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran menulis laporan
wawancara dengan menggunakan metode konstruktivisme dapat meningkatkan
hasil belajar siswa kelas X2 SMA Negeri 1 Sungai Aur Pasaman Barat.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
| Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
| Date Deposited: | 12 Dec 2025 00:02 |
| Last Modified: | 12 Dec 2025 00:02 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32358 |
