The Correlation Between Students' Habit in Listening to English Songs and Their Listening Comprehension at the Second Grade of SMAN 1 Bangko

Nisa, Husnatun (2022) The Correlation Between Students' Habit in Listening to English Songs and Their Listening Comprehension at the Second Grade of SMAN 1 Bangko. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_03_HUSNATUN_NISA_18018130_5593_2022.pdf] Text
final_03_HUSNATUN_NISA_18018130_5593_2022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara kebiasaan siswa dalam mendengarkan lagu berbahasa Inggris dan pemahaman mendengarkan mereka. Penelitian ini menggunakan desain korelasional. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi penelitian ini adalah seluruh siswa IPA kelas XI SMA N 1 Bangko. Kemudian sampel sebanyak 31 siswa dan penentuan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Dalam mengumpulkan data, peneliti memberikan angket dan tes mendengarkan sebagai instrumen penelitian ini. Kuesioner digunakan untuk mendapatkan skor kebiasaan menyimak siswa, sedangkan tes menyimak digunakan untuk mendapatkan skor pemahaman menyimak siswa. Setelah itu, data dianalisis dengan Pearson Product moment. Berdasarkan analisis data, ditemukan bahwa sig. (2-tailed) nilainya adalah 0,000. Ini lebih kecil dari nilai alpha 0,05 sig (2-tailed) dan r = 0,603 yang berada pada level tinggi. Hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dari temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan siswa dalam mendengarkan lagu berbahasa Inggris dan pencapaian pemahaman mendengarkan mereka.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Korelasi, Kebiasaan mendengarkan siswa, Pemahaman mendengarkan siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PE English
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 12 Dec 2025 00:02
Last Modified: 12 Dec 2025 00:02
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32357

Actions (login required)

View Item
View Item