Pramana, Zoni (2012) Penerapan Strategi Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi dalam Pembelajaran Matematika Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Lubuksikaping Tahun Ajaran 2011/2012. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_ZONI PERMANA_83937_2012.pdf
Download (291kB)
Abstract
Hasil belajar dan motivasi belajar matematika siswa SMAN 1 Lubuksikaping masih rendah. Hal ini disebabkan dalam pembelajaran siswa cenderung pasif dan belum maksimalnya berbagi pengetahuan antara siswa berkemampuan tinggi dengan berkemampuan sedang dan rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar matematika siswa adalah dengan menerapkan strategi Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah motivasi belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Lubuksikaping sebelum dan sesudah menggunakan strategi pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS)?. 2) Apakah hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Lubuksikaping yang pembelajarannya menggunakan strategi pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) lebih baik daripada menggunakan pembelajaran konvesional?. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan rancangan One Group Pretest Posstest Design untuk motivasi dan rancangan Randomized Control-Group Only Design untuk hasil belajar. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMAN 1 Lubuksikaping yang terdaftar pada tahun pelajaran 2011/2012, sampel yang terpilih untuk kelas eksperimen adalah siswa kelas XI IPA 5 dan untuk kelas kontrol adalah siswa kelas XI IPA 4. Untuk menguji hipotesis digunakan uji-t pada taraf nyata 0,05. Dari Tes akhir penelitian diperoleh, pada kelas Eksperimen siswa yang mendapat nilai KKM = 80 adalah 48,57 % dengan rata–rata 78,57 dan kelas Kontrol 40% dengan rata–rata 72. Pengolahan data dilakukan melalui uji hipotesis menggunakan uji–t. Dari pengolahan data didapat , yang berarti , dan artinya, hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Lubuksikaping dengan menggunakan strategi Thinking Aloud Pair Problem Solving lebih baik daripada hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil analis angket, motivasi belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Lubuksikaping sesudah diterapkannya strategi Thinking Aloud Pair Problem Solving mengalami peningkatan untuk semua indikator.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS); Matematika |
| Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GA Mathematical geography. Cartography |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika-S1 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 12 Dec 2025 00:01 |
| Last Modified: | 12 Dec 2025 00:01 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32354 |
