Improving Students’ Reading Comprehension through Collaborative Strategic Reading (CSR) at Grade X.8 of SMA Negeri 10 Pekanbaru

Nikzon, Yuliu (2011) Improving Students’ Reading Comprehension through Collaborative Strategic Reading (CSR) at Grade X.8 of SMA Negeri 10 Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_2_YULIU_NIKSON_52946_6463_2012.pdf] Text
final_2_YULIU_NIKSON_52946_6463_2012.pdf

Download (101kB)

Abstract

Improving Students’ Reading Comprehension through Collaborative Strategic Reading (CSR) At Grade X.8 of SMA Negeri 10 pekanbaru. Thesis. Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman membaca siswa dengan menggunakan Collaborative Strategic Reading (CSR). Disamping itu, penelitian ini juga dimaksudkan untuk menemukan faktor-faktor yang dapat menyebabkan peningkatan kemampuan pemahaman membaca siswa dengan menggunakan CSR. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan mulai tanggal 14 September sampai dengan 6 Oktober 2011 dalam dua siklus yang mana tiap-tiap siklus terdiri dari empat kali pertemuan. Partisipan dari penelitian ini adalah siswa kelas X.8 SMA Negeri 10 Pekanbaru, yang terdiri dari tiga puluh tiga siswa. Dalam penelitian ini, peneliti dibantu oleh dua orang kolaborator untuk mengumpulkan data yang didapat dari tes, observasi, catatan lapangan, dan wawancara pada setiap siklus tersebut. Dari dua siklus yang telah dilakukan pada penelitian ini, dapat ditemukan bahwa penggunaan CSR meningkatkan kemampuan pemahaman membaca siswa. Peningkatannya dapat dilihat dari hasil rata-rata siswa 79,00 pada siklus 1 dan meningkat menjadi 89,67 pada siklus 2. Penelitian ini juga menemukan beberapa faktor yang mendukung meningkatnya kemampuan siswa kelas X.8 SMA Negeri 10 Pekanbaru seperti: strategi, pendekatan guru, pengelolaan kelas, dan motivasi siswa.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: meningkatkan kemampuan pemahaman membaca siswa dengan menggunakan Collaborative Strategic Reading (CSR).
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Inggris-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 12 Dec 2025 00:01
Last Modified: 12 Dec 2025 00:01
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32353

Actions (login required)

View Item
View Item