Nika, Zola (2014) Pengaruh Penerapan Model Learning Cycle terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Padang Tahun Pelajaran 2013/2014. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_ZOLA_NIKA_54841_4854_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika. Namun, kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Padang belum berkembang secara optimal. Hal ini disebabkan karena pembelajaran masih berpusat pada guru dan siswa belum aktif saat pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perkembangan kemampuan komunikasi matematis siswa selama diterapkan model learning cycle dan membandingkan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model learning cycle dengan pembelajaran konvensional. siswa yang menggunakan Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Rancangan penelitian adalah Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Padang yang bukan kelas unggul yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2013/2014. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling sehingga terpilih siswa kelas VIII.8 sebagai kelas eksperimen dan siswa VIII.7 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah kuis dan tes akhir. Kuis dianalisis dengan menentukan rata-rata nilai kuis, persentase siswa yang tuntas dan persentase ketercapaian indikator kemampuan komunikasi matematis siswa pada setiap pertemuan sedangkan tes akhir dianalisis dengan menggunakan uji statistik non parametrik, yaitu uji Mann Whitney U Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa mengalami perkembangan. Kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran learning cycle lebih baik daripada pembelajaran konvensional.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Learning Cycle; Komunikasi Matematis |
| Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GA Mathematical geography. Cartography |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 23:55 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 23:55 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32342 |
