Hubungan Motivasi Siswa terhadap Hasil Belajar Seni Musik SMPN 1 Rao Selatan

Efinar, Efinar (2011) Hubungan Motivasi Siswa terhadap Hasil Belajar Seni Musik SMPN 1 Rao Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_EFINAR_B_52720_5034_2011.pdf] Text
final_B1_EFINAR_B_52720_5034_2011.pdf

Download (148kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan motivasi siswa terhadap hasil belajar seni musik di SMPN 1 Rao Selatan. Permasalahan yang di temui dalam pembelajaran seni musik di SMPN 1 Rao Selatan. Yang mana terhadap pelajaran tersebut sebahagian besar siswa kurang berminat dan mereka anggap sulit. Untuk mengubah pandangan dan
persepsi tersebut, sangat dituntut dari seorang guru untuk dapat mengubahnya menjadi pelajaran yang disenangi siswa. Sehingga bermamfaat didalam pembelajaran, khususnya pembelajaran seni musik. Dan dituntut pula upaya dan
usaha guru agar dapat meningkatkan motivasi siswa baik itu motivasi intrinsik maupun motivasi ekstrinsik. Karena motivasi siswa sangat esensial dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan seni musik. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan dua variabel yaitu variabel bebas (motivasi) dan variabel terikat (hasil belajar). Objek penelitian dilakukan pada Kelas VII SMPN 1 Rao Selatan dengan populasi sebanyak 244 siswa dan
sampel terdiri dari 63 siswa (25 %). Untuk mengetahui besarnya hubungan diambil dari data primer dan data sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data
terdiri dari angket (motivasi) yang berindikator kemauan (15 item), aktivitas (15 item), kebutuhan (15 item) dan dokumentasi (hasil belajar). Dari data motivasi
dan hasil belajar yang diperoleh dianalisa dalam bentuk nilai mean , modus,median, diagram batang, variansi, standar deviasi dan korelasi product moment dengan membandingkan t. Hitung dan t. Tabel untuk menentukan signifikan atau
non signifikan. Dari product moment dapat ditarik kesimpulan bahwa antara motivasi dengan hasil belajar terdapat korelasi dengan nilai r = 0,2 yang menggambarkan
korelasi sangat rendah, ini dapat ditafsirkan bahwa motivasi mempunyai peranan,dan lebih bermakna jika didukung dengan faktor yang lain. Dan dari nilai t.hitung
= 1,6 dibanding dengan t.tabel = 1,980 dengan tingkat signifikan 5 % dengan derajat 63, maka t.hitung kecil dari t.tabel (1,6 < 1,980) berarti hipotesis (Hi)diterolak.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 11 Dec 2025 10:05
Last Modified: 11 Dec 2025 10:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32338

Actions (login required)

View Item
View Item