Khairunnisa, Hira (2018) Pengembangan Konten Nilai-Nilai Kecerdasan Sosial dalam Bahan Ajar Fisika Tentang Gerak Prabola, Gerak Melingkar dan Hukum Newton untuk Implementasi Kurikulum 2013 pada Siswa Kelas X SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_03_HIRA_KHAIRUNNISA_14033086_3011_2018.pdf
Download (1MB)
Abstract
Bahan ajar merupakan salah satu sumber belajar yang penting dalam pembelajaran fisika. Pembelajaran fisika dalam kurikulum 2013 menuntut siswa untuk dapat memiliki kompetensi secara utuh yaitu kompetensi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan. Namun, bahan ajar fisika yang digunakan saat ini lebih menekankan pada pencapaian kompetensi pengetahuan dan keterampilan. Oleh sebab itu perlu dikembangkan bahan ajar dengan konten nilai-nilai kecerdasan sosial pada materi fisika tentang gerak parabola, gerak melingkar dan hukum Newton. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan bahan ajar dengan konten nilai-nilai kecerdasan sosial yang valid praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan menggunakan metode Research and Development. Metode yang dilakukandibatasi sampai langkah keenam yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan uji coba produk. Subjek penelitian ini adalah empat orang dosen Fisika UNP sebagai validator dan siswa kelas X MIA 5 SMAN 16 Padang. Objek penelitian ini adalah bahan ajar dengan konten nilai nilai kecerdasan sosial pada pembelajaran fisika kelas X SMA untuk meningkatkan pencapaian kompetensi siswa. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data penelitian ini terdiri atas instrumen uji validitas oleh tenaga ahli, instrumen uji praktikalitas dan instrumen efektivitas penggunaan bahan ajar fisika dengan konten nilai-nilai kecerdasan sosial melalui tes hasil belajar berupa pretes dan postes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis validitas produk, analisis praktikalitas produk dan analisis efektivitas produk. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, terdapat empat hasil penelitian. Pertama,deskripsi bahan ajar didapatkan bahwa bahan ajar fisika dengan konten nilai-nilai kecerdasan sosial merupakan bahan ajar yang menyajikan nilai sikap sosial. Kedua, Bahan ajar fisika dengan konten nilai nilai kecerdasan sosial berada dalam kategori tingkat validitas sangat tinggi dengan nilai rata-rata 85,5. Ketiga,bahan ajar dengan konten nilai-nilai kecerdasan sosial praktis menurut guru fisika dan siswa dengan nilai 93,1 dan 87,7. Keempat, bahan ajar dengan konten nilai-nilai kecerdasan sosial efektif digunakan dalam pembelajaran fisika di sekolah.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar Fisika, Kecerdasan Sosial, Pengembangan, Gerak Parabola, Gerak Melingkar |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 23:52 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 23:52 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32334 |
