Efektivitas Penggunaan Strategi Pembelajaran Inkuiri dalam Menulis Karangan Eksposisi Kelas X SMKN 6 Padang

Enfitrianti, Enfitrianti (2011) Efektivitas Penggunaan Strategi Pembelajaran Inkuiri dalam Menulis Karangan Eksposisi Kelas X SMKN 6 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ENFITRIANTI_86433_4876_2011.pdf] Text
final_B1_ENFITRIANTI_86433_4876_2011.pdf

Download (371kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tiga hal sebagai berikut. Pertama, kurangnya minat siswa dalam menulis. Kedua, siswa mengalami kesulitan dalam menentukan tema dan mengembangkan idenya dalam menulis. Ketiga, strategi yang digunakan guru saat proses belajar mengajar berlangsung masih monoton dan belum bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh hasil deskripsi tentang efektivitas penggunaan strategi pembelajaran inkuiri dalam menulis karangan eksposisi kelas X SMKN 6 Padang. Kemampuan menulis karangan eksposisi ini dipilih sebagai kajian penelitian karena siswa kelas X rata-rata belum maksimal memahami dan mengembangkan ciri-ciri yang ada dalam karangan eksposisi. Hal ini dibuktikan dengan nilai siswa yang berada di bawah 65 dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperiment yang berdesain the nonequivalent kontrol group. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMKN 6 Padang. Sampel penelitian berjumlah 65 orang yang terbagi atas kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui tes,yaitu tes menulis karangan eksposisi. Penganalisisan data dilakukan secara deskriptif. Analisis sesuai dengan penerapan konsep penelitian eksperimen. Berdasarkan analisis data dan pembahasan penelitian, disimpulkan hal-hal berikut. Pertama, rata-rata kemampuan pada saat pretest untuk kelas eksperimen 54,14 yang berkualifikasi hampir cukup dan untuk kelas kontrol adalah 55 yang berkualifikasi hampir cukup. Kedua, rata-rata kemampuan siswa pada saat posttest untuk kelas eksperimen adalah 76,14 yang berkualifikasi baik dan untuk kelas kontrol adalah 64,83 yang berkualifikasi cukup Ketiga, terdapat efektivitas yang signifikan dari penggunaan strategi pembelajaran inkuiri dalam menulis karangan eksposisi siswa kelas X SMKN 6 Padang karena th > tt, yaitu 1,82 > 1,67.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 11 Dec 2025 10:02
Last Modified: 11 Dec 2025 10:02
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32328

Actions (login required)

View Item
View Item