Endrita, Endrita (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi dengan Menggunakan Gambar Seri di Kelas IV SD Pembangungan Laboratorium Universitas Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_ENDRITA_07583_2011.pdf
Download (210kB)
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah siswa sulit dalam menuangkan ide, dalam pembelajaran menulis narasi. Ini disebabkan karena media yang digunakan guru dalam pembelajaran kurang menarik dan kurang cocok dengan tingkat perkembangan siswa. Pembelajaran masih bersifat konvensional sehingga siswa jenuh dalam belajar, terutama dalam menulis narasi. Tujuan dari penelitian ini adalah peningkatan keterampilan menulis narasi siswa dengan menggunkan gambar seri di kelas IV SD Pembangunan Laboratorium UNP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dengan jenis penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dua siklus, dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah lembaran pengamatan, hasil tes tertulis berupa hasil karangan narasi siswa, dan dokumentasi. Hasil penelitian menulis narasi di kelas IV SD Pembangunan Laboratorium UNP dengan menggunakan gambar seri menunjukan peningkatan. Hasil yang dicapai dari 21 siswa selama belajar pada siklus I masih dikategorikan belum sepenuhnya berhasil, karena terlihat hasil belajar pada siklus I yaitu 69 dan pada siklus II yitu 89. Pada siklus II hasil yang dicapai lebih baik, setelah dilakukan perbaikan dalam pelaksanaan pembelajaran. Dengan demikian siswa sudah bisa menulis narasi dengan gambar seri melalui tahap prapenulisan, penulisan, dan pascapenulisan
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 09:59 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 09:59 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32322 |
