Endriani, Endriani (2011) Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Pendekatan Konstruktivis Model Siklus Belajar di Kelas V SDN 10 Lingkung Kawat Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_ENDRIANI_50828_2011.pdf
Download (207kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai hasil belajar IPA pada pembelajaran jenis-jenis tanah, struktur bumi dan struktur matahari di kelas V SDN 10 Lingkung Kawat Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar. Hal ini terjadi karena guru masih menerapkan pendekatan pembelajaran secara konvensional. Banyak pendekatan yang bisa diterapkan oleh guru dalam pembelajaran, diantaranya ialah pendekatan konstruktivis model siklus belajar. Dalam pendekatan konstruktivis model siklus belajar siswa diarahkan untuk memahamai konsep bukan pemerolehan informasi. Pemahaman konsep jenis-jenis tanah, struktur bumi dan struktur matahari dapat dilaksanakan dengan melibatkan siswa secara aktif untuk menemukan sendiri berdasarkan pengetahuan yang sudah dimilikinya. Tujuan penelitian ini adalah melihat peningkatan hasil belajar siswa melalui pendekatan konstruktivis model siklus belajar. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan. Penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dan catatan setiap tindakan serta hasil belajar siswa pada setiap siklus. Sumber data penelitian adalah proses pembelajaran jenisjenis tanah, struktur bumi dan struktur matahari dengan menggunakan pendekatan konstruktivis model siklus belajar yang meliputi: perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, kegiatan evaluasi serta perilaku guru dan siswa sewaktu kegiatan pembelajaran. Data diperoleh dari subjek yang diteliti, yakni siswa kelas V SDN 10 Lingkung Kawat Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar tahun pelajaran 2010/2011 beserta teman sejawat sebagai observer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siswa kelas V SDN 10 Lingkung Kawat Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar. Rata-rata nilai aspek kognitif/tes hasil belajar pada siklus I adalah 75 sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 83,5. Rata-rata nilai aspek psikomotor pada siklus I adalah 49,95 sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 90,6. Rata-rata nilai aspek afektif pada siklus I adalah 56,25 sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 90,6. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan konstruktivis model siklus belajar pada materi jenis-jenis tanah, struktur bumi dan struktur matahari dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 09:49 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 09:50 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32316 |
