Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Kompetensi Profesi di SMK Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi

La'la, Hestu Tansil (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Kompetensi Profesi di SMK Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_03_HESTU_TANSIL_LA'IA_16205064_3723_2018.pdf] Text
final_03_HESTU_TANSIL_LA'IA_16205064_3723_2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan model Plomp yang terdiri dari tiga fase, yaitu preliminary research, prototyping phase, dan asessment phase. Pada fase preliminary research dilakukan analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis konsep, dan analisis peserta didik. Pada fase prototype dilakukan perancangan RPP dan LKPD berbasis kompetensi profesi untuk materi matematika di kelas X SMK bidang keahlian teknologi informasi dan komunikasi pada semester 2, kemudian dilakukan evaluasi formatif untuk menentukan kevalidan, dan kepraktisan produk berupa RPP dan LKPD berbasis kompetensi profesi. Kepraktisan produk dilihat melalui evaluasi one to one, small group dan field test. Pada asessment phase dilakukan penilaian dengan uji efektivitas perangkat pembelajaran berbasis kompetensi profesi terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan menggunakan metode Quasi Eksperiment. Hasil analisis data yang diperoleh yakni (1) validitas produk yang dikembangkan dari hasi expert review RPP berbasis kompetensi profesi berada pada kategori valid dengan rata-rata 3,49 dan LKPD berbasis berbasis kompetensi profesi berada pada kategori sangat valid dengan rata-rata 3,68. (2) Praktikaltitas produk yang dikembangkan menunjukkan bahwa LKPD berbasis kompetensi profesi berada pada kategori sangat praktis dengan persentase kepraktisan 86,52% RPP berbasis kompetensi profesi berada pada kategori sangat praktis dengan persentase kepraktisan 86,16%. Hal ini didasarkan atas analisis data angket praktikalitas, yakni angket respon peserta didik dan guru. (3) efektivitas perangkat pembelajaran berbasis kompetensi profesi dari hasil quasi eksperiment diperoleh kesimpulan bahwa Perangkat pembelajaran berbasis kompetensi profesi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik SMK kelas X pada bidang keahlian teknologi informasi dan komunikasi.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Bidang keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi, Perangkat Pembelajaran Berbasis Kompetensi Profesi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 11 Dec 2025 09:49
Last Modified: 11 Dec 2025 09:49
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32315

Actions (login required)

View Item
View Item