Pengaruh Penerapan Model Proses Genre dalam Mengajar Hortatory Text bagi Siswa Kelas 2 Semester 2 di SMAN 4 Padang

Chandra, Julian (2013) Pengaruh Penerapan Model Proses Genre dalam Mengajar Hortatory Text bagi Siswa Kelas 2 Semester 2 di SMAN 4 Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_2_JULIAN_CHANDRA_51474_3680_2014.pdf] Text
final_2_JULIAN_CHANDRA_51474_3680_2014.pdf

Download (11MB)

Abstract

Pendekatan Genre yang dipakai dalam Kurikulum Berdasarkan Kompetensi dan kurikulum KTSP dalam pengajaran menulis tidak cukup memperlengkapi siswa SMA untuk mampu menulis dalam bahasa Inggris. Hal ini disebabkan pendekatan genre dalam teorinya mempunyai beberapa keterbatasan atau kelemahan. Khususnya dalam menulis text hortatory dimana siswa dituntut untuk dapat mengembangkan ide-ide yang kritis dan bebas dalam isi karangannya. Pendekatan genre perlu diintegrasikan dengan pendekatan proses sehingga menghasilkan model yang lebih efektif untuk mengajar siswa menulis dalam bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Penelitian ini bertujuan untuk menguji teori perlunya penggabungan process dan genre dalam pengajaran menulis dan mengkaji apakah mengajar hortatory paragraph dengan menggabungan dua model tersebut akan menghasilkan kualitas tulisan yang lebih baik. Penelitian ini merupakan penelitian quasi-experimen dengan bentuk rancangan pretest dan posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 2 yang belajar pada semester 2 di SMAN 4 Padang pada tahun akademis 2011-2012. Pemilihan sample dilakukan melalui teknik clustering sampling. Instrument penelitian ini adalah ujian tulisan yang reliabilitasnya ditentukan oleh interrater reliability sedangkan validitas instrumennya ditentukan oleh validitas isi. Data yang dikumpulkan dari hasil pretest dan posttest siswa di analisa secara manual melalui rumus statistic inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa yang diajar menulis karangan hortatory dengan mengabungkan pendekatan genre dan proses mempunyai kualitas tulisan yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan menggunakan genre model. Hasil Uji t menunjukan dengan nilai rata-rata 5,6 yang didapatkan siswa pada kelas experimen lebih signifikan dari nilai rata-rata 4,8 yang diperoleh siswa pada kelas kontrol. Ini dapat diimplikasikan bahwa kombinasi proses genre model adalah teknik yang efektif dalam mengajar siswa SMA dalam menulis text hortatory.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: The Effect of Implementing Process Genre
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Inggris-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 11 Dec 2025 09:40
Last Modified: 11 Dec 2025 09:41
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32294

Actions (login required)

View Item
View Item