Hubungan Kemampuan Membaca Cepat dan Kemampuan Menulis Karangan Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Pariaman

Yanti, Zherry Putria (2012) Hubungan Kemampuan Membaca Cepat dan Kemampuan Menulis Karangan Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_ZHERRY_PUTRIA_YANTI_04573_2800_2012.pdf] Text
final_B1_1_ZHERRY_PUTRIA_YANTI_04573_2800_2012.pdf

Download (941kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) kemampuan membaca cepat siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pariaman, (2) kemampuan menulis karangan eksposisi siswa kelas VIII SMP 2 Pariaman, dan (3) hubungan kemampuan membaca cepat dan kemampuan menulis karangan eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pariaman. Pengumpulan data dilakukan melalui tes berikut, yaitu tes kecepatan membaca, tes objektif, pilihan ganda, tes unjuk kerja. Tes kecepatan membaca digunakan untuk mengukur kemampuan membaca cepat siswa dan dilanjutkan dengan tes objektif pilihan ganda untuk mengukur pemahaman bacaan siswa. Tes unjuk kerja digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan menulis eksposisi. Penganalisisan data dilakukan secara deskriptif sesuai dengan penerapan konsep penelitian korelasi. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan hal-hal berikut. Pertama, kemampuan membaca cepat siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pariaman berada pada kualifikasi cukup (65,3).Kedua, kemampuan menulis karangan eksposisi siwa kelas VIII SMP Negeri 2 Pariaman berada pada kualifikasi lebih dari cukup (70,08). Ketiga,terdapat hubungan antara kemampuan membaca cepat dan kemampuan menulis eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pariaman, dengan thitung yang diperoleh 6,53 dan ttabel 1,701 dalam arti thitung lebih besar dari ttabel. Dengan artian H1 diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa kemampuan membaca khususnya membaca cepat berhubungan dengan kemampuan menulis eksposisi siswa. Semakin baik kemampuan siswa dalam membaca cepat, semakin baik pula kemampuan siswa dalam menulis sebuah tulisan eksposisi. Relevan dengan hasil kesimpulan penelitian ini, direkomendasikan dua hal. Pertama,kemampuan membaca cepat siswa kelas VIII SMP 2 Pariaman perlu ditumbuh kembangkan. Kedua,kemampuan menulis karangan eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pariaman perlu ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Membaca Cepat; Hubungan; Menulis Karangan Eksposisi
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 11 Dec 2025 09:36
Last Modified: 11 Dec 2025 09:36
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32284

Actions (login required)

View Item
View Item