Astuti, Fuji (2013) Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Tari Pada Paud. Imaji: Jurnal Seni dan Pendidikan Seni, 11 (1). pp. 1-106. ISSN 1693-0479
![FUJI_ASRTUTI_JURNAL_IMAJI_OK.pdf [thumbnail of FUJI_ASRTUTI_JURNAL_IMAJI_OK.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FUJI_ASRTUTI_JURNAL_IMAJI_OK.pdf
Download (5MB)
Abstract
Setiap insan telah memiliki karakter yang melekat dalam perilaku kesehariannya yang dipahami sebagai habitus. Seseorang dikatakan berkarakter baik bilamana dalam kehidupan kesehariannya memiliki kebiasaan yang baik. Misalnya, di dalam dirinya memiliki keinginan untuk memikirkan hal-hal yang baikdan melakukan hal yang baik. Untuk menumbuhkan nilai-nilai moral dan karakter yang baik bukanlah pekerjaan yang mudah, tetapi harus dibiasakan dan dimulai dari sejak kecil. Untuk itu, diperlukan penerapan pendidikan karakter sejak usia dini (PAUD) agar nilai-nilai itu melekat dan terwujud dalam tindakan perilaku kesehariannya. Pemanfaatan media melalui pembelajaran tari dengan pemilihan tema dan topik alam lingkungan sekitarnya sangat membantu anak dalam pencerapannya. Pendidikan karakter pada anak harus dilakukan dengan pendekatan-pendekatan yang dekat dengan dunia anak. Secara perlahan dan secara tidak dipaksakan nilai-nilai karakter itu dapat dipahami, dilakukan dengan kesenangan, keceriaan, dan sepenuh hati.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | karakter, metode pembelajaran tari, anak usia dini |
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1 |
Depositing User: | Aditya Shawfani S.Pd |
Date Deposited: | 07 Mar 2025 02:50 |
Last Modified: | 07 Mar 2025 02:50 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3228 |