Pramana, Edwin Anshori (2011) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Co-op Co-op terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI SMA Pertiwi 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_EDWIN_ANSHORI_PRAMANA_68084_5360_2011.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi masih rendahnya pemahaman konsep sejarah siswa dalam materi pembelajaran sejarah, hal ini disebabkan oleh berbagai faktor salah satunya adalah proses pembelajaran sejarah yang masih berupa
penyampaian informasi yang menjadikan siswa hanya mampu mengingat. Padahal Salah satu tujuan dari proses pembelajaran sejarah adalah melatih siswa dalam
menemukan dan menterjemahkan konsep dalam materi sejarah. Salah satu upaya untuk dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menterjemahkan konsep sejarah adalah melalui model pembelajaran tipe Co-op Co-op. Tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui sejauh mana model Co-op Co-op memberi pengaruh terhadap hasil belajar sejarah siswa SMA Pertiwi 2 Padang. Manfaat penelitian ini
adalah untuk mendorong guru sejarah berinovasi dalam menggunakan model pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menterjemahkan konsep dalam materi sejarah serta dapat meningkatkan hasil belajar sejarah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dimana data diperoleh melalui eksperimen langsung pada siswa kelas XI SMA Pertiwi 2 Padang yang jumlah siswanya 179 orang.terbagi dalam lima kelas. Pemilihan sampel dalam
penelitian ini diambil berdasarkan Random kelompok dengan asumsi bahwa setiap kelompok memiliki kemampuan dan kebiasaan belajar sejarah yang sama. Pengambilan sampel dilakukan sebanyak dua kelas yaitu untuk kelas eksperimen
dan untuk kelas kontrol Setelah dilakukan penelitian dan analisis data didapat bahwa pencapaian hasil belajar sejarah kelas Eksperimen lebih tinggi dari kelas Kontrol, hal ini terlihat dari nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 77,27 dan kelas kontrol 53,40. Dari perhitungan uji t diperoleh t hitung 2,56 lebih besar dari t
1,67, maka hipotesis nol (Ho) ditolak. Dari hasil analisa dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penggunaan
model Co-op Co-op berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Pertiwi 2 Padang.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | D History General and Old World > D History (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 09:12 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 09:12 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32273 |
