Improving Students’ Paragraph Writing Through Collaborative Paragraph Construction at Grade X.2 of SMA N.1 Lubuksikaping.

Hendry, John (2009) Improving Students’ Paragraph Writing Through Collaborative Paragraph Construction at Grade X.2 of SMA N.1 Lubuksikaping. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_2_JOHN_HENDRY_81363_3109_2012.pdf] Text
final_2_JOHN_HENDRY_81363_3109_2012.pdf

Download (65kB)

Abstract

Sebagai seorang Guru bahasa Inggris, peneliti berharap siswanya mampu menulis dan mengungkapkan ide-ide mereka dalam bahasa Inggris dengan baik, mampu berpartisipasi secara aktif dalam proses belajar mengajar terutama menulis, dan mampu mencapai standar ketuntasan minimal, yakni 70. Namun di kelas X.2 dimana peneliti mengajar ditemukan permasalahan yaitu siswa kurang mampu menulis paragraf atau sebuah cerita sederhana dengan baik. Sebagai akibat dari masalah ini, siswa kurang mampu mencapai standar ketuntasan minimal yang telah ditetapkan, dan mereka juga kurang mampu berperan secara aktif dalam kegiatan menulis. Oleh karena itu, peneliti mencoba memecahkan masalah dengan meningkatkan kemampuan menulis siswa dalam bahasa Inggris. Sebagai pemecahan masalah, penulis mencoba menerapkan ” Improving Students’ Paragraph Writing Through Collaborative Paragraph Construction”. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji bagaimana ” Collaborative Paragraph Construction” meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis sebuah paragraph maupun sebuah cerita pendek, serta menemukan faktor-faktor apa yang mempengaruhi peningkatan kemampuan siswa dalam menulis paragraph. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang bersifat kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X.2 SMA N.1 Lubuksikaping. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan test tertulis. Data dianalisa secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa dengan menggunakan model Collaborative Paragraph Construction, kemampuan menulis paragraf siswa kelas X.2 meningkat dan mampu mencapai atau melebihi standar ketuntasan minimal.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Improving Students, Paragraph Writing Through Collaborative Paragraph Construction
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Inggris-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 11 Dec 2025 09:02
Last Modified: 11 Dec 2025 09:02
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32260

Actions (login required)

View Item
View Item