Peningkatan Keterampilan Menggunakan EYD Melalui Metode Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa Kelas IV SD Negeri 05 Gunuang Malintang,

Jasmiati, Jasmiati (2009) Peningkatan Keterampilan Menggunakan EYD Melalui Metode Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa Kelas IV SD Negeri 05 Gunuang Malintang,. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_2_JASMIATI_10828_3158_2012.pdf] Text
final_2_JASMIATI_10828_3158_2012.pdf

Download (76kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan menggunakan EyD dalam menulis siswa kelas IV SD Negeri 05 Gunuang Malintang yang rendah. Masalah ini disebabkan oleh proses pembelajaran dan penggunaan metode yang kurang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses peningkatan keterampilan menggunakan EyD, menjelaskan hasil belajar siswa, dan menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya peningkatan keterampilan menggunakan EyD siswa melalui metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini dilakukan melalui dua siklus, satu siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 05 Gunuang Malintang dengan jumlah 30 orang. Data penelitian adalah ini adalah hasil penerapan EyD dalam tulisan siswa, tindakan guru dalam proses pembelajaran, aktivitas siswa dalam pembelajaran Data penelitian dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, catatan lapangan, dan tes hasil belajar. Data yang bersifat kualitatif dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif yang mengikuti model Miles dan Huberman. Data kuantitatif diolah dengan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam penggunaan EyD dan meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Faktor-faktor yang menyebabkan peningkatan keterampilan siswa dalam menggunakan EyD dalam menulis adalah (1) kerja sama kelompok dalam proses pembelajaran; (2)Tanggung jawab siswa dalam menyelesaikan tugas; (3) pendapat siswa merasa dihargai; dan (4) siswa dapat mengemukakan ide.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Keterampilan, menggunakan EyD Melalui Metode Kooperatif Tipe Jigsaw
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 11 Dec 2025 08:57
Last Modified: 11 Dec 2025 08:57
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32255

Actions (login required)

View Item
View Item