Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen dengan Teknik Ka Ki Gaya Quantum Learning Siswa Kelas XII IPA 2 SMA N 2 Solok

Mardika, Widya (2012) Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen dengan Teknik Ka Ki Gaya Quantum Learning Siswa Kelas XII IPA 2 SMA N 2 Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_WIDYA_MARDIKA_00096_3363_2012.pdf] Text
final_B1_1_WIDYA_MARDIKA_00096_3363_2012.pdf

Download (269kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil peningkatan kemampuan menulis cerpen dengan teknik Ka Ki Gaya Quantum Learning siswa kelas XII IPA 2 SMA N 2 Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan empat tahapan di setiap siklusnya yakni: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Data penelitian ini berupa tes menulis cerpen, wawancara, lembar observasi, catatan lapangan, dan angket respon siswa terhadap pembelajaran menulis cerpen dengan teknik Ka Ki Gaya Quantum Learning. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 2 SMA N 2 Solok yang berjumlah 30 orang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dismpulkan hal-hal berikut. Pertama proses peningkatan kemampuan menulis cerpen dengan teknik Ka Ki Gaya Quantum Learning dilaksanakan dalam dua pertemuan pada setiap siklusnya, yakni tahap penjelasan materi dan menulis cerpen dengan teknik Ka Ki Gaya Quantum Learning, serta tahap menyunting cerpen. Kedua, penelitian ini menunjukkan hasil keterampilan menulis cerpen dengan teknik Ka Ki Gaya Quantum Learning mengalami peningkatan sebesar 10,89% pada siklus II jika dibandingkan pada siklus I. Hasil peningkatan tersebut terlihat dari perolehan nilai rata-rata siswa siklus I yaitu 70,22 menjadi 81,11 pada siklus II. Dengan demikian, disimpulkan bahwa teknik Ka Ki Gaya Quantum Learning dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan kemampuan menulis cerpen, teknik Ka Ki Gaya Quantum Learning.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 11 Dec 2025 08:48
Last Modified: 11 Dec 2025 08:48
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32230

Actions (login required)

View Item
View Item