Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 3 Payakumbuh pada Mata Pelajaran Produktif Tata Kecantikan Kulit

Yulanda, Helfini (2016) Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 3 Payakumbuh pada Mata Pelajaran Produktif Tata Kecantikan Kulit. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_02_HELFINI_YULANDA_1102729_1938_2017.pdf] Text
final_B1_02_HELFINI_YULANDA_1102729_1938_2017.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang dari permasalahan yang menunjukkan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Produktif dalam bidang Tata Kecantikan Kulit yang peneliti diduga disebabkan oleh kurangnya motivasi siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa SMK Negeri 3 Payakumbuh pada mata pelajaran produktif Tata Kecantikan Kulit tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yang bersifat korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI jurusan Tata Kecantikan Kulit SMK N 3 Payakumbuh yang telah mengikuti pembelajaran produktif pada tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 41 orang, teknik pengambilan sampel adalah dengan total sampling karena populasi kurang dari 100. Teknik pengambilan data adalah menggunakan angket (kuesioner) dengan menggunakan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, teknik analisis tingkat pencapaian responden dengan rumus persentase, sedangkan analisis korelasi dengan menggunakan Pearson Korelasi Product Moment dan dilanjutkan dengan uji t untuk uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh skor rata-rata pencapaian responden terhadap variabel motivasi belajar sebesar 61% berkategori rendah dan hasil belajar memiliki skor rata-rata 75 berada dibawah KKM. Kedua variabel berhubungan sangat kuat dengan korelasi sebesar 0,803 Hipotesis Ha yang menyatakan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran produktif diterima pada taraf signifikansi 95%. Mengingat demikian pentingnya peranan motivasi bagi siswa dalam belajar terutama mata pelajaran produktif. Diharapkan siswa yang bersangkutan dapat membangkitkan dan meningkatkan semangat dari dirinya sendiri agar lebih termotivasi dalam belajar serta guru dapat berperan aktif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran guna dapat membantu siswa dalam belajar demi tercapainya tujuan dalam pembelajaran mata pelajaran produktif yang merupakan kompetensi kompetensi yang sangat dibutuhkan dalam industri tata kecantikan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecantikan Kulit
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan-D4
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 11 Dec 2025 08:33
Last Modified: 11 Dec 2025 08:48
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32228

Actions (login required)

View Item
View Item