Sari, Widya Flima (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 25 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_WIDYA_FLIMA_SARI_18029177_2023.pdf
Download (1MB)
Abstract
Pemahaman konsep matematika merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran matematika yang harus dimiliki oleh peserta didik. Namun kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 25 Padang masih rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membandingkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square lebih baik daripada yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional serta mendeskripsikan perkembangan pemahaman konsep matematis peserta didik selama diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square di kelas VIII SMP Negeri 25 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dan deskriptif dengan rancangan penelitian Non-equivalent Posttest Only Kontrol Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 25 Padang Tahun pelajaran 2022/2023. Kelas eksperimen yaitu kelas VIII 1 dan kelas kontrol yaitu kelas VIII 3 serta subjek deskriptif yaitu kelas VIII 1 Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuis yang diberikan setiap pertemuan untuk melihat perkembangan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas eksperimen dan tes pemahaman konsep untuk membandingkan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan analisis data hasil kuis terdapat peningkatan pada setiap indikator pemahaman konsep matematis. Berdasarkan hasil analisis tes pemahaman konsep matematis dengan taraf nyata � = 0, 05 diperoleh � − ����� = 0 dimana � − ����� < � maka tolak �0. Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square lebih baik daripada yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 25 Padang. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square memberikan pengaruh terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Model pembelajaran kooperatif, Model Think Pair Square. |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 06:43 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 06:43 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32214 |
