Hubungan Kreativitas dengan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Penataan Sanggul (Up Style) pada Siswa Kelas XI SMK N 7 Padang

Sari, Agnes Mai (2017) Hubungan Kreativitas dengan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Penataan Sanggul (Up Style) pada Siswa Kelas XI SMK N 7 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_02_AGNES_MAI_SARI_1202249_4345_2017.pdf] Text
final_B1_02_AGNES_MAI_SARI_1202249_4345_2017.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang dari permasalahan yang menunjukkan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Penataan Sanggul (Up Style) di duga karena kurangnya kreativitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hubungan kreativitas siswa dengan hasil belajar pada mata Pelajaran Penataan Sanggul (up style) Jurusan Tata Kecantikan Rambut SMK N 7 Padang Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang bersifat korasional. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan Tata Kecantikan Rambut SMK N 7 Padang yang telah mengikuti Pelajaran Penataan Sanggul (Up Style) yang berjumlah 45 orang. Teknik pengambilan sampel dari penelitian ini adalah total sampling. Teknik pengambilan data adalah dengan menggunakan angket kuisioner dengan menggunakan sekala linkert yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis tingkat pencapaian responden dengan rumus persentase, uji persyaratan analisis dengan menggunakan uji normalitas dan uji linieritas sedangkan analisis koefisiensi korelasi dengan menggunakan Person Korelasion Product moment dan untuk uji hipotesis manggunakan uji t. Hasil penelitian menyatakan bahwa kreativitas siswa termasuk dalam kategori sedang dengan persentase 71%. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa yaitu 73 yang menyatakan masih dibawah KKM, KKM yang di tentukan adalah 75. Hasil analisis korelasi diperoleh nilai r hitung sebesar 0,685 dengan interpretasi hubungan yang kuat dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. Uji keberartian korelasi diperoleh harga t hitung >t tabel (76.932>2,201) yang berarti Ha diterima. Untuk itu disarankan kepada guru untuk meningkatkan kreativitas siswa melalui upaya penggunaan sumber belajar dan strategi pembelajaran yang lebih membangun dan mendorong kreativitas siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas; Hasil Belajar; Penataan Sanggul (Up Style)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan-D4
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 11 Dec 2025 03:38
Last Modified: 11 Dec 2025 03:39
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32196

Actions (login required)

View Item
View Item