Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Bukittinggi Tahun Pelajaran 2011/2012

Ramadhaniyati, Ramadhaniyati (2012) Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Bukittinggi Tahun Pelajaran 2011/2012. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_RAMADHANIYATI_86109_2012.pdf] Text
final_B1_1_RAMADHANIYATI_86109_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMP Negeri 5 Bukittinggi, hasil belajar matematika siswa masih banyak berada dibawah KKM. Hal ini disebabkan antara lain karena aktivitas siswa yang kurang dalam mengikuti pelajaran, siswa terlihat jenuh dalam pembelajaran dan tidak mau bertanya jika mengalami kesulitan dalam memahami konsep materi. Pembelajaran matematika harus dilaksanakan dalam suasana yang menyenangkan dan mendorong keaktifan belajar siswa agar kompetensi belajar siswa dapat ditingkatkan. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah rata-rata hasil belajar matematika siswa selama pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) lebih baik dari rata-rata hasil belajar siswa pembelajaran konvensional pada kelas VIII SMP Negeri 5 Bukittinggi Tahun Pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen dengan rancangan the static group comparison untuk hasil belajar dan penelitian deskriptif untuk aktivitas. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Bukittinggi sedangkan sampelnya diambil secara acak, dengan kelas ����3 sebagai kelas eksperimen dan kelas ����4 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Berdasarkan hasil analisis lembaran observasi terlihat bahwa aktivitas belajar siswa cenderung meningkat. Dari analisis data hasil belajar diperoleh rata- rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 71,78 dan kelas kontrol 67,32. Dari analisis data diperoleh p-value = 0,010 untuk ∝ = 0,05 maka p-value < ∝, berarti hipotesis penelitian diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Bukittinggi selama penerapkan pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER, PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 11 Dec 2025 03:33
Last Modified: 11 Dec 2025 03:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32189

Actions (login required)

View Item
View Item